Bagikan:

JAKARTA - Nova Eliza diketahui sempat menetap beberapa tahun di Belanda bersama suami dan juga anaknya. Namun kini ia akhirnya memutuskan untuk kembali lagi ke Indonesia.

"Iyaa sempat tinggal di Belanda, iyaa (sekarang di Jakarta)," ujar Nova Eliza di kawasan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Minggu, 5 November.

Nova menuturkan alasan ia memilih untuk pindah ke Belanda karena pandemi virus corona beberapa tahun yang lalu. Setelah pandemi mulai surut, Nova dan keluarga kembali lagi ke Tanah Air.

"Kemarin karena pandemi, kan sekarang udah nggak pandemi terus anak aku Indonesia banget, dan jadi kita memutuskan kembali ke Indonesia," sambungnya.

Selama tinggal di Belanda, Nova mengakui menghadapi beberapa kesulitan dan perbedaan dengan Indonesia. Perbedaan yang paling mencolok baginya ialah cuaca, budaya hingga bahasa.

Menurut wanita berusia 43 tahun ini, cuaca di Belanda sangat dingin dibandingkan Indonesia. Selain itu, kebiasaan orang Belanda menggunakan bahasa Belanda dibandingkan bahasa Inggris juga menjadi tantangan bagi Nova.

"Cuaca yaa, disana kan dingin terus kalau disini panas enak banget. Mungkin sama Bahasa kali yaa, terus budaya juga beda banget, disana kan bahasanya pakai Belanda banget, kemana-mana pakai Bahasa Belanda yaa ada Bahasa Inggris tapi mereka lebih confort bahasa Belanda," tuturnya.