Tekstur Pakaian Terlalu Lentur sehingga Susah Diatur, Begini Tips Mengatasinya
Ilustrasi tips mengatasi pakaian bahan lentur susah diatur (Freepik/wayhomestudio)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Bahan pakaian yang memiliki tekstur terlalu lentur, membuat susah diatur. Terutama saat setelah disetrika, ketika dipakai akan menempel pada kulit. Belum lagi kalau ditata dimasukkan ke celana atau rok, sulit presisi karena terlalu lentur. Ditambah lagi, bahan tertentu menyebabkan muatan listrik statis yang biasanya terjadi pada kain yang tipis. Untuk mengatasi pakaian susah diatur, ikuti tips berikut ini.

1. Setrika memakai lapisan yang kering

Anda bisa memanfaatkan kain yang kering sebagai lapisan saat menyetrika baju yang susah diatur. Menurut saran penata busana Audree Kate López dilansir Byrdie, Senin, 23 Oktober, ambil kain pengering dan gosokkan pada bagian dalam pakaian Anda yang berbahan lentur. Ini akan menghilangkan listrik statis dan mengatasi persoalan ini.

2. Gosok dengan hanger logam

Gantungan pakaian atau hanger berbahan logam, bisa membantu mencegah listrik statis pada pakaian Anda yang bertekstur lentur dan ringan. Saran López, gosok pakaian Anda dengan hanger bisa menetralkan listrik statis yang mengalir melalui kain.

tips mengatasi pakaian bahan lentur susah diatur
Ilustrasi tips mengatasi pakaian bahan lentur susah diatur (Freepik/cookie_studio)

3. Semprotkan hairspray

Menyemprotkan sedikit hairspray ke bagian dalam gaun, rok, ataupun kemeja dengan bahan lentur atau yang melepaskan arus listrik statis, bisa membantu. Jelas López, alkohol dalam hairspray berfungsi melemahkan muatan statis.

4. Keringkan pakaian dengan tepat

Anda mungkin berpikir mengeringkan pakaian akan optimal setelah dicuci lalu diperas. López mengatakan, jangan membiarkan pakaian terlalu kering. Sarannya, pakai pelembut kain atau kurangi waktu pengerihan untuk mengurangi potensi semakin sulit diatur karena muncul aliran listrik statis pada pakaian.

tips mengatasi pakaian bahan lentur susah diatur
Ilustrasi tips mengatasi pakaian bahan lentur susah diatur (Freepik/halayalex)

5. Tambahkan pelembap pakaian

Pakaian terlalu kering dan terlalu lembap tak memudahkan Anda untuk mengaturnya saat dipakai. Idealnya, saran López, tambahkan sedikit saja kelembapan pada pakaian. Ini dapat mengurangi pakaian menempel pada kulit saat Anda memakainya. Bisa juga dengan memberikan krim pelembap pada kulit Anda.

Di atas merupakan lima tips atasi pakaian bahan lentur sulit diatur dan menempel pada kulit saat dipakai.