Penjelasan Dokter Mengapa Anak Butuh Susu Tanpa Laktosa
Dokter Farhan Zubedi dalam acara Sweet Surprise. (Istimewa)

Bagikan:

JAKARTA - Bagi anak-anak, mengkonsumsi susu secara rutin menjadi hal penting untuk kesehatan tubuh. Kebiasaan tersebut dapat bermanfaat positif bagi kesehatan, mulai dari imunitas tubuh, sumber energi, regenerasi sel, hingga memenuhi gizi harian.

Namun, pilihan susu yang tepat untuk tubuh juga tidak kalah penting. Salah pilih karena tidak mengetahui kondisi tubuh sebenarnya bisa berdampak buruk.

Dokter yang menerima apresiasi di ajang TikTok Awards Indonesia 2021 di kategori Best of Sports, Fitness, and Wellness, dr. Farhan Zubedi menyampaikan bahwa dampak kurang baik bisa terjadi pada anak yang mengalami intoleransi laktosa.

Dalam sebuah acara bertajuk Sweet Surprise yang diselenggarakan MilkLife di Jakarta Selatan pada Jumat, 13 Oktober, dr. Farhan Zubedi membahas seputar intoleransi laktosa, perbedaan intoleransi laktosa dan alergi susu, dan bagaimana susu bebas laktosa menjadi solusi intoleransi laktosa.

“Intoleransi laktosa adalah kondisi di mana seseorang kesulitan mencerna laktosa. Hal itu terjadi karena di tubuh seseorang kekurangan enzim laktase yang seharusnya mengubah laktosa menjadi glukosa dan juga galaktosa. Kalau laktase ini tidak ada, berarti laktosa tidak bisa dicerna, maka akan sampai ke usus besar,” kata Farhan Zubedi.

“Di sini lah terjadinya fermentasi oleh bakteri di dalam usus besar, sehingga bisa menimbulkan gejala-gejala seperti diare, perut kembung, kram perut, ataupun bergas,” lanjutnya.

Oleh karenanya, pilihan susu menjadi penting. Farhan juga bicara soal pola mengkonsumsi susu yang seharusnya diterapkan kepada anak.

“Mengonsumsi susu itu penting, karena susu kaya akan vitamin, mineral, protein, hingga kalsium dan beberapa manfaat lain yang berfungsi untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh, terutama bagi tulang dan gigi. Untuk pola minum susu dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing individu, selama konsumsi susu tersebut dibarengi dengan gizi seimbang lain yang kita dapatkan dari makanan,” tuturnya.

Beberapa influencer yang hadir dalam acara Sweet Surprise pun menyatakan persetujuannya terhadap penjelasan yang diberikan dr. Farhan.

Chintami Sinaga dan Dimas Parasian, pasangan influencer yang dikenal dengan sebutan Mak Bapak Gabe menyatakan bahwa kemunculan susu tanpa laktosa dari Milklife membuatnya merasa lebih nyaman untuk membantu tumbuh kembang anak.

“Keluarga kami memang membiasakan minum susu, terutama semenjak punya anak. Dengan hadirnya MIlkLife Lactose Free Choco Hazelnut ini, pasti Gabe (anak) suka banget dan makin sering minum susunya,” kata Chintami Sinaga.

“Walaupun keluarga kami tidak intoleran laktosa, tapi kami jadi merasa lebih aman mengkonsumsi susu. Baru tahu juga tadi dari dr. Farhan Zubedi seperti apa intoleran laktosa secara detail, dan memang mungkin itu dialami oleh teman atau saudara kami. Jadi, susu bebas laktosa ini bisa menjadi pilihan utama untuk mereka yang mengalami intoleran laktosa,” pungkas Dimas Parasian.