Bahaya Menelan Darah setelah Cabut Gigi, Benarkah Berdampak pada Kesehatan?
Bahaya menelan darah setelah cabut gigi (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Terjadinya pendarahan setelah cabut gigi adalah suatu kondisi yang wajar. Biasanya darah akan keluar dari gusi tempat gigi dicabut, hingga mengganggu kenyamanan. Tidak sedikit orang yang tanpa sengaja menelan darah. Lantas apakah bahaya menelan darah setelah cabut gigi?

Seringkali pendarahan pada gusi setelah cabut gigi mengalir secara terus-menerus atau tidak kunjung berhenti. Meski kondisi ini adalah hal yang wajar, namun munculnya darah tersebut membuat mulut terasa tidak nyaman. Memang dianjurkan untuk memastikan bahwa area gusi tempat pencabutan gigi harus dirawat dengan baik. 

Dengan perawatan yang tepat maka rasa sakit dan pendarahan setelah cabut gigi bisa cepat reda atau sirna. Selain mengeluhkan rasa nyeri, banyak orang bertanya-tanya bahaya menelan darah setelah cabut gigi.

Apakah Bahaya Menelan Darah setelah Cabut Gigi?

Darah yang tak sengaja tertelan usai pencabutan gigi sebenarnya bukanlah hal yang berbahaya. Kondisi ini tidak menimbulkan masalah bagi kesehatan. Anda juga tidak perlu mengkhawatirkan area gusi tempat gigi dicabut, sebab lubangnya akan tertutup kembali lapis demi lapis. 

Pendarahan setelah cabut gigi bisa berlangsung dalam waktu yang berbeda-beda pada setiap orang. Namun biasanya pendarahan terjadi selama 3 hingga 20 menit lamanya dan akan berhenti dengan sendirinya. Apabila Anda melakukan cabut gigi geraham, maka pendarahan cenderung lebih lama yakni bisa 1 sampai 2 hari. 

Cara Menghentikan Pendarahan setelah Cabut Gigi

Apabila pendarahan berlangsung lebih lama pada umumnya, maka Anda bisa melakukan perawatan untuk menghentikannya. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghentikan pendarahan pasca cabut gigi.

Menggigit Kain Kasa

Untuk menghentikan perdarahan setelah pencabutan gigi, salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah menggigitkan sehelai kain kasa. Pastikan kain kasa dalam keadaan bersih dan lembap supaya darah bisa terkontrol dan meminimalisir risiko infeksi.

Perlu diingat, jangan menggigit kain kasa terlalu kuat karena bisa menyebabkan perdarahan semakin parah. Jika kasa sudah terisi darah, segera ganti dengan yang baru. Metode ini tidak hanya membantu menghentikan perdarahan pasca pencabutan gigi, tetapi juga dapat mencegah tertelannya darah.

Mengompres Pakai Kantong Teh

Selain menggunakan kapas, Anda juga bisa memanfaatkan kantong teh yang baru diseduh untuk mengatasi pendarahan gusi pasca pencabutan gigi. Disarankan untuk memilih teh hijau atau hitam karena keduanya mengandung tanin dan polifenol yang dapat efektif menghentikan perdarahan. Pastikan kantong teh telah didinginkan terlebih dahulu setelah diseduh, kemudian tempelkan kantong tersebut ke area gigi yang baru dicabut.

Kompres Pakai Es Batu

Keadaan panas di dalam mulut bisa membuat pendarahan berlangsung lebih lama. Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat mengompres pakai es batu. Bungkus es batu dalam kain bersih dan taruh di daerah gigi yang baru saja dicabut.

Sentuhan es membantu dapat meredakan rasa sakit dan mengurangi pembengkakan yang biasanya disebabkan oleh peradangan gusi. Suhu dingin tersebut akan menyebabkan pembuluh darah menyusut, sehingga perdarahan akan menjadi lebih terkendali.

Hindari Mengunyah Makanan Terlalu Keras

Selama minimal 24 jam setelah proses pencabutan gigi, disarankan untuk memilih makanan yang bertekstur cair atau lembut. Hindari mengunyah makanan yang keras karena berpotensi mengakibatkan trauma lebih lanjut di area bekas cabutan gigi dan dapat meningkatkan risiko perdarahan yang lebih parah.

Posisikan Kepala Lebih Tinggi dari Jantung

Memposisikan kepala di atas posisi jantung juga dapat membantu mengendalikan perdarahan pasca pencabutan gigi. Atur posisi ini saat berada dalam posisi duduk maupun tidur. Anda bisa menggunakan bantal lebih tinggi saat tidur untuk menaruh kepala lebih ke atas. Cara ini juga bermanfaat untuk menghindari tertelannya darah bersamaan dengan air liur.

Demikianlah jawaban dari pertanyaan apakah bahaya menelan darah setelah cabut gigi. Apabila Anda tidak sengaja menelan darah pasca cabut gigi, maka itu tidak akan menimbulkan masalah kesehatan atau tidak berbahaya. Namun pastikan Anda melakukan perawatan pada gusi yang mengalami pendarahan setelah cabut gigi. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.