Bagikan:

JAKARTA - Chef Juna pernah angkat suara terkait banyaknya kemunculan foodblogger di media sosial. Video yang diunggah di akun YouTube musemediaid 2 tahun yang lalu ini kembali viral setelah adanya perseteruan antara fooblogger Farida Nurhan dan Codebluu akhir-akhir ini.

Di dalam video berdurasi satu jam lebih itu, pemilik nama asli Junior Juna Rorimpandey ini mengatakan bila kehadiran foodblogger itu secara tidak langsung sudah dinodai. Bahkan ia juga mengatakan bahwa hal ini juga sudah merusak profesi mereka sebagai juru masak.

"Dunia kami, chef atau fnb (food and beverages) sudah sedikit ternodai dengan banyaknya orang-orang yang sok jadi foodie. Food blogger yang sotoy dan lain sebagainya, itu merusak hidup kita, merusak profesi kita, establishment," ujar Chef Juna dikutip VOI dari akun YouTube musemediaid, Jumat, 29 September.

Food blogger yang dimaksud oleh Chef Juna ialah fodd blogger yang tidak jelas latar belakangnya. Hal ini menimbulkan pertanyaan bagi Chef Juna mengenai kehadiran orang-orang yang tidak memiliki latar belakang terkait makanan tapi bisa ikut menilai hasil masakan orang lain.

"Konkretnya adalah, food blogger terutama mereka-mereka yang tidak jelas latar belakangnya, who the f*** are you analyze our food when you don't know s*** dan lain sebagainya?" lanjut Chef Juna.

Padahal menurut pria berusia 48 tahun ini, seorang food blogger di Amerika Serikat pada zaman dulu memang sengaja dipekerjakan untuk menulis di surat kabar, majalah namun yang memang spesialis dibidang makanan. Namun sekarang karena adanya media sosial membuat semua orang bisa menjadi food blogger dan berbicara sembarangan.

"Zaman dulu di Amerika, food blogger beneran di hire surat kabar, majalah ternama, itu benar di hire oleh orang-orang yang mengerti, yang expert. Tapi zaman sekarang, karena dengan media sosial, mereka bisa ngoceh ngalur ngidul, mereka nge-rate makanan kita, yang mereka tidak tahu kita banting tulang setengah m***** dan pengorbanan banyak," tuturnya.

Bagi Chef Juna, food blogger saat ini ialah food blogger yang sengaja untuk dibayar agar bisa menulis ulasan yang bagus. Hal ini yang akhirnya menurut dia tidak memajukan industri FnB di Indonesia.

"Lu bukan memang passion lu begitu dan mencari nama dari situ atau memajukan dunia fnb di negara ini, enggak. Ini mah bayaran semua, (makanya) tulisan bagus," tegasnya.

Juna menyampaikan pandangannya itu setelah berbicara tentang film Chef (2014) yang dibintangi John Favreau, Scarlett Johansson hingga Robert Downey Jr.