Bagikan:

YOGYAKARTA – Menghirup aroma tertentu, dapat membantu mengatur suasana hati. Bahkan aroma juga dapat memicu gairah, baik pada pria maupun wanita. Faktanya, ada aroma yang disebut bersifat afrodisiak. Cek daftarnya berikut di bawah ini.

1. Vanilla

Vanilla yang dikenal secara umum memendarkan aroma manis, potensial bersifat afrodisiak. Aroma ini memiliki profil untuk bernostalgia dan menyenangkan. Selain itu, vanilla membantu Anda rileks dan merasa nyaman.

2. Jahe

Tanaman khas Asia dengan akar pedas terbukti meningkatkan testosterone pria bila dikonsumsi sebagai suplemen. Jahe memiliki banyak khasiat terapeutik lainnya dan dikenal meningkatkan sirkulasi darah, mengurangi sakit kepala, dan meredakan sakit perut. Aroma tajam dan pedas ini juga salah satu yang bersifat afrodisiak.

aroma afrodisiak yang bermanfaat mengatur suasana hati
Ilustrasi aroma afrodisiak yang bermanfaat mengatur suasana hati (Freepik/vusal3d)

3. Ambrette

Menurut penelitian dilansir Byrdie, Minggu, 24 September, ambrette adalah salah satu wewangian yang bersifat afrodisiak. Aroma ini paling tren di pasaran dan memiliki profil aroma kompleks dengan nuansa pedas dan sedikit cognac.

4. Melati

Melati terbukti meningkatkan kewaspadaan dan memperbaiki mood. Kedua scent tersebut dapat meningkatkan gairah seks. Kalau dalam tradisi Hindu dan Islam, melati dikenal sebagai ‘parfum cinta’. Aroma ini diklaim sebagai salah satu afrodisiak yang pernah ada.

5. Kayu cendana

Dalam pengobatan Ayurveda, telah lama memakai kayu cendana karena khasiatnya. Ulasan tahun 2020 menegaskan bahwa aroma woody ini berkhasiat merangsang dan terapeutik. Aroma ini juga dapat mengatasi masalah suasana hati serta pencernaan.

aroma afrodisiak yang bermanfaat mengatur suasana hati
Ilustrasi aroma afrodisiak yang bermanfaat mengatur suasana hati (Freepik)

6. Lavender

Lavender terkenal karena aromanya menenangkan dan merilekskan. Menurut ulasan tahun 2019, aroma lavender juga meningkatkan hasrat seksual pada wanita. Selain itu, lavender juga membantu Anda merasa nyaman dan percaya diri.

7. Peppermint

Afrodisiak tidak hanya memeperbaiki suasana hati, tetapi juga memengaruhi kehidupan seksual. Pada penelitian, peppermint diklaim dapat membantu mencapai orgasme berkali-kali pada wanita. Aroma ini juga dikenal kualitasnya yang menyegarkan.

8. Citrus

Secara awam dikenal dengan aroma jeruk, yang bersifat antioksidan dan telah digunakan sebagai afodisiak. Aroma lemon dan jeruk nipis, akhir-akhir ini digunakan dalam wewangian yang menawarkan profil rasa segar dan hangat.

aroma afrodisiak yang bermanfaat mengatur suasana hati
Ilustrasi aroma afrodisiak yang bermanfaat mengatur suasana hati (Freepik/master1305)

9. Lily of the valley

Lily dikenal sebagai bunga bakung yang aromanya wangi sekali ketika bunganya mekar. Bunga yang identic dengan musim semi dan sering digunakan dalam karangan bunga pernikahan ini, memiliki aroma yang manis serta lembut.

10. Kayu manis

Kayu manis terkenal memiliki banyak manfaat. Selain dimanfaatkan untuk minuman teh, juga dipakai dalam roti. Kayu manis juga bermanfaat meningkatkan suasana hati, menurunkan gula darah, serta memiliki aroma manis.

Itulah sepuluh aroma yang bersifat afrodisiak dan bermanfaat untuk memperbaiki suasana hati. Adakah di antara aroma di atas yang paling Anda sukai?