Bagikan:

JAKARTA - Polusi udara di Indonesia tengah mengkhawatirkan. Tak hanya berbahaya untuk kesehatan tubuh, polusi juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan kulit.

Polusi disebut bisa menimbulkan permasalahan kulit urban modern seperti komedo dan jerawat sepanjang tahun, disertai kulit sensitif.

"Adalah partikel-partikel halus besi, bagian dari kandungan polusi pada umumnya radikal bebas yang sangat reaktif. Terserap masuk ke dalam kulit melalui folikel rambut, tinggal di dalam kulit bertahun-tahun dan tidak bisa terurai, menyebabkan kulit rentan rusak," ujar pakar kecantikan, dr. Olivia Ong, M.Biomed (AAM).

Wanita yang akrab disapa Mbak Yom itu mengatakan, polusi menurunkan imun kulit dan melemahkan skin barrier. Itu menyebabkan kulit menjadi stres, lebih sensitif dan rapuh.

"Juga menurunkan keanekaragaman skin microbiome. Kalau sudah begini tentu saja tingkat peradangan di kulit meningkat, menciptakan kondisi yang semakin tidak ideal bagi ekosistem yang hidup, di mana bakteri penyebab jerawat yang sejatinya bagian dari skin microbiome natural manusia, berubah menjadi ganas sehingga menyebabkan kulit seseorang berkomedo dan berjerawat," kata founder produk skincare AYOM tersebut.

"Jika keadaan terus berlanjut tanpa skincare yang tepat, akan muncul semakin banyak senescent cells atau sel kulit zombie yang sesuai namanya akan menularkan ke-zombian-nya, membuat sel kulit sehat di sekitarnya menjadi sel kulit zombie juga, menipu sel imun agar tidak dilahap dan dibuang keluar. Hal ini semakin memperparah peradangan kulit," lanjutnya.

Hal inilah yang membuat Mbak Yom kemudian melahirkan skincare AYOM pada 17 Agustus 2022. Bahkan saat ini, skincare ini secara khusus memberi solusi yang tepat dan terarah untuk mengatasi semua masalah kulit yang terjadi akibat polusi.

Mbak Yom mengatakan, produknya telah meninggalkan pemakaian antibiotik, steroid, alkohol, paraben, detergen, pewangi dan pewarna.

Hal tersebut membuat skincare ini mampu mengembalikan lingkungan kulit yang seimbang, kuat dan nyaman untuk keanekaragaman skin microbiome dengan limpahan antioksidan, prebiotik dan postbiotiknya, sehingga komedo, jerawat sampai bekas jerawat pun perlahan memudar dan minggat.

Astrid Satwika (influencer) dan Yuni Shara (penyanyi) adalah figur publik yang sudah merasakan ampuhnya produk AYOM. Astrid bahkan sudah menggunakannya sejak 1,5 tahun belakang.

"Ini dibuktikan anak saya Rania dari bayi kulitnya sensitif, mudah iritasi, salah sedikit langsung bruntusan, merah, gara-gara salah pakai skincare sebelumya, ada lingkaran merah di pipi, sekitar mulut dan area lainnya, sampai meradang hampir lecet. Sudah coba diobati, berbulan-bulan kambuh terus sampai akhirnya coba pakai ini," tutur Astrid.

Sementara Yuni Shara mengaku sudah menjadikan AYOM sebagai bagian dari hari-harinya. Dia menyebut, produk ini terbuat dari probiotik yang difermentasi dan tumbuh-tumbuhan.

"Jadi apapun yang terbuat dari alam itu akan menyehatkan kulit kita," kata yuni Shara.