Mengapa Kita Tidak Boleh Menahan Bersin? Ini Bahaya yang Mengancam
Mengapa kita tidak boleh menahan bersin (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Saat terasa akan bersin ketika di tempat umum, banyak orang ingin menahannya. Padahal justru lebih baik bersin dilepaskan saja, atau tidak ditahan karena bisa mengakibat beberapa masalah kesehatan. Lantas apa alasan mengapa kita tidak boleh menahan bersin?

Bersin sering terjadi di saat tubuh sedang mengalami gangguan kesehatan, seperti hidung alergi atau flu. Bersin adalah cara alami tubuh untuk melepaskan atau mengeluarkan benda asing yang mengganggu saluran pernapasan. Saat mengalami kondisi ini, banyak orang ingin menahan bersin karena tidak mau mengganggu kenyamanan orang di sekitarnya. 

Tapi ternya kita tidak boleh menahan bersin, jadi sebaiknya dibuarkan saja namun tetap mengkondisikan agar tidak mengganggu sekitar. Menahan bersin bisa menyebabkan dampak buruk bagi kesehatan. 

Apa Penyebab Bersin?

Bersin adalah mekanisme alami dalam tubuh yang berfungsi untuk mengusir benda asing dengan cara mengeluarkan udara secara tiba-tiba dan keras dari paru-paru melalui hidung dan mulut. Kebiasaannya, berulangnya bersin terkait dengan serangan flu.

Ketika partikel asing memasuki rongga hidung, sistem saraf di dalam hidung akan mengirimkan sinyal ke otak untuk mengindikasikan adanya gangguan di dalam hidung. Otak berperan sebagai pusat kontrol dalam proses terjadinya bersin.

Setelah menerima sinyal tersebut, otak akan menginstruksikan otot-otot tertentu di tubuh, termasuk otot dada, otot perut, diafragma, otot pita suara, otot bagian belakang tenggorokan, dan otot kelopak mata, untuk bersiap mengeluarkan partikel asing dari hidung.

Saat bersin mendekat, hidung sering kali terasa gatal dan umumnya diawali dengan sedikit sensasi menguap untuk menambah tekanan udara di dalam hidung. Selanjutnya, otot-otot tersebut bekerja bersama untuk mengusir partikel asing dari hidung dan menghasilkan bunyi 'hachiiimm'.

Mengapa Kita Tidak Boleh Menahan Bersin

Menghentikan atau menahan bersin bisa menyebabkan beberapa dampak buruk serius. Menutup saluran pernapasan saat bersin dapat menyebabkan tekanan hingga 20 kali lebih besar pada saluran pernapasan. 

Berikut ini beberapa masalah kesehatan yang bisa dialami ketika menahan bersin:

Gendang Telinga Bisa Pecah

Ketika bersiap untuk bersin, tekanan udara di dalam hidung, tenggorokan, dan saluran tuba Eustachius yang berdekatan dengan telinga akan mengalami peningkatan. Jika tubuh tidak mengizinkan keluarnya udara lewat bersin, tekanan udara yang tinggi dalam rongga kepala dapat terjebak dan menyebabkan gangguan pendengaran.

Keadaan ini mungkin akan pulih dengan sendirinya dalam beberapa hari atau minggu. Namun pada kasus yang parah, kondisi ini dapat mengakibatkan kerusakan pada gendang telinga. Hidung dan telinga terhubung melalui saluran Eustachius. Menahan bersin meningkatkan tekanan di dalam hidung, yang kemudian dapat berpindah ke telinga melalui saluran Eustachius.

Infeksi Telinga

Jika sering kali menahan bersin, virus dan bakteri bisa bertahan atau tetap mengendap di saluran pernapasan. Kondisi ini berpotensi menyebabkan infeksi, hingga dapat merambat ke telinga. Aliran udara yang teralihkan kembali dari hidung ke telinga mungkin membawa partikel-partikel terinfeksi, seperti bakteri atau lendir. Hal ini akan memicu proses infeksi pada telinga. 

Pecahnya Pembuluh Darah di Mata, Hidung, dan Telinga

Menahan bersin juga menyebabkan peningkatan tekanan udara di dalam area wajah. Kondisi ini berpotensi memicu kerusakan pada pembuluh darah kecil yang terletak di sekitar mata, hidung, serta di dekat gendang telinga. Dampaknya bisa memunculkan tanda-tanda seperti bintik-bintik merah di mata, epistaksis (mimisan), atau bahkan keluarnya darah dari telinga.

Sakit Dada

Menahan bersin juga dapat mengakibatkan sensasi tidak nyaman di dada. Pakar THT menyebutkan ketika Anda menahan bersin, akan terjadi tekanan tambahan pada diafragma yang bisa menimbulkan tekanan menjalar hingga ke tulang rusuk.

Anuerisma

Bahaya lain dari menahan bersin adanya potensi anuerisma. Jika kondisi ini terjadi maka menahan bersin bisa berakibat fatal. Para ahli memperingatkan bahwa tekanan yang dihasilkan saat menahan bersin dapat memicu pecahnya aneurisma otak. Aneurisma merupakan kondisi yang bisa memicu perdarahan di dalam tengkorak yang mengelilingi otak.

Demikianlah jawaban mengapa kita tidak boleh menahan bersin. Mengingat berbagai bahaya di atas, sebaiknya saat terasa ingin bersin maka lepaskan saja dan jangan ditahan. Namun Anda tetap perlu memperhatikan lingkungan sekitar dan mengkondisikan bersin agar tidak mengganggu kenyamana. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.

Terkait