8 Cara Alami Mengatasi Bersin-Bersin karena Alergi
Ilustrasi cara alami mengatasi bersin karena alergi (Freepik/Benzoix)

Bagikan:

JAKARTA – Faktanya, bersin merupakan respons natural terhadap partikel penyebab iritasi. Reaksi tersebut menandai cara tubuh melawan partikel asing. Dalam kondisi alergi, bersin bisa diatasi kecuali  tidak dalam kondisi terpapar COVID-19. Pasalnya, jika terpapar virus tersebut perlu mengontrol persebaran dengan meminimalisir droplet tersebar.

Bersin-bersin karena alergi, dilansir Medical News Today, 2 Februari, dimungkinkan untuk diatasi secara alami. Seperti dengan cara-cara berikut ini, antara lain:

1. Mengidentifikasi pemicu alergi

Iritan disebut sebagai pemicu alergi, seperti serbuk sari dan debu yang menyebabkan bersin. Mengidentifikasi dan mengobati alergi adalah cara yang baik untuk mencegah bersin. Setelah mengenali partikel pemicu alergi, Anda bisa menghindarinya, misalnya mengenakan masker untuk menghindari debu pemicu alergi.

2. Menghindari makan besar

Pada beberapa kasus, bersin dialami setelah makan dan merasa sangat kenyang. Reaksi ini bisa dicegah dengan makan dalam porsi yang lebih kecil dan gigitan atau suapan yang lebih kecil juga. Namun, kasus ini belum ada penelitian yang mumpuni soal penyebab dan gejala apa yang memicu selain rasa kenyang dan suapan yang terlalu penuh.

3. Menggelitik langit-langit mulut

Anda mungkin dapat menahan bersin dengan merangsang langit-langit mulut dengan lidah. Anjurannya, lakukan ini selama beberapa detik sebelum bersin. Cara ini bisa membantu mencegah bersin secara alami.

cara alami mengatasi bersin
Ilustrasi cara alami mengatasi bersin karena alergi (Unsplash/Ani Kolleshi)

 

4. Menghindari bahaya lingkungan

Beberapa orang dalam situasi tertentu, seperti berada di lokasi bertumpuk semen, batu bara, bahan kimia, tepung, gandum, unggas, dan logam, bisa memicu iritasi sehingga mengalami bersin tak henti-henti. Karena pekerjaan, hobi, dan lokasi tinggal yang banyak iritan, Anda bisa mengatasinya dengan tindakan pencegahan seperti memakai alat pelindung, menjaga ventilasi tetap baik, dan mengurangi paparan iritasi.

5. Meniup hidung

Cara ini dilakukan meski tidak selalu efektif mengatasi, yaitu dengan meniup hidungnya ketika akan bersin. Paling efektif supaya tidak menyebarkan droplet, meletakkan tisu di dekatnya sehingga lebih terjangkau untuk melindungi.

6. Mencubit hidung

Mencubit dengan tujuan menutup kedua lubang hidung, biasa dilakukan untuk menunda bersin. Seseorang dapat melakukan ini, baik dengan menutup lubang hidung atau mencubit lebih tinggi pada hidung yang lebih dekat ke mata.

7. Meningkatkan asupan vitamin C

Vitamin C merupakan antihistamin dan dianggap dapat memengaruhi imun. Makanan yang tinggi mengandung vitamin C antara lain jeruk, pepaya, sayuran hijau. Dengan memenuhi kebutuhan vitamin C harian dari makanan yang dikonsumsi, seseorang berpotensi mengurangi bersin.

8. Minum teh chamomile

Efek minum teh chamomile sama seperti vitamin C, karena teh beraroma ini bersifat antihistamin. Anda bisa menyeduh teh ini setiap hari untuk mengurangi total histamin dalam tubuh sehingga mengurangi bersin-bersin karena alergi.

Itulah cara alami untuk menunda atau mencegah bersin tak kunjung henti. Adakah cara Anda mengatasinya selain cara di atas?