Bagikan:

YOGYAKARTA - Hari ini pas jatuh pada Hari Kemerdekaan Republik Indonesia( RI).

Diperingati tiap tahunnya pada bertepatan pada 17 Agustus, nyatanya tidak cuma peristiwa Hari Ulang Tahun (HUT) RI saja yang berlangsung pada tanggal tersebut.

Nah, berikut ini melansir dari berberapa sumber terpaut 5 peristiwa penting yang berlangsung pada 17 Agustus, di luar Hari Kemerdekaan RI:

Momen Lain Selain Kemerdekaan di 17 Agustus

  • Dimulainya Pembangunan Monas

Siapa yang tidak mengenal Monas, apalagi ada pula yang sempat berkunjung ke situ.

Monas alias Monumen Nasional ini ialah monumen yang tingginya mencapai 433 kaki ataupun 132 m, yang dibentuk buat mengenang perlawanan serta perjuangan rakyat Indonesia buat merebut kemerdekaan dari kolonial Hindia Belanda.

Bila kalian sempat berkunjung ke Monas serta membaca sejarahnya, kalian pastinya tahu bila monumen yang jadi ikon Kota Jakarta ini mulai dibentuk pada 17 Agustus 1961 atas perintah Presiden Soekarno.

  • Bubarnya RIS serta Indonesia jadi NKRI

Pada 17 Agustus sejatinya tidak cuma soal pembacaan bacaan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dimana momen ini berlangsung pada tahun 1945.

Tercantum pula tidak hanya juga jadi indikator hari Kemerdekaan Indonesia.

Pada 5 tahun pasca Hari Proklamasi, ataupun tepatnya 17 Agustus 1950, Indonesia juga tumbuh serta memutuskan buat tidak lagi jadi Republik Indonesia Serikat( RIS).

Sehabis dibubarkannya RIS, Indonesia kembali jadi Negara Kesatuan Republik Indonesia( NKRI).

  • TVRI mulai siaran perdana dengan uji coba upacara HUT RI

Walaupun secara formal TVRI tercatat mengudara awal kali pada 24 Agustus 1962, tetapi stasiun tv pertama di Indonesia telah melaksanakan siaran uji coba lebih dahulu.

Uji coba tersebut dicoba pada 17 Agustus 1961.

Stasiun TVRI mengadakan siaran percobaan acara HUT Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta.

  • Indonesia mundur dari IMF

Mengerti kah kalian bila Indonesia sempat mengundurkan diri dari keanggotaan International Monetary Fund( IMF)?

Nyatanya perihal itu memanglah sempat berlangsung.

“ Go to hell with your aid,” ucap Soekarno pada Amerika Serikat, tepatnya pada 17 Agustus 1965, dikala dia memutuskan ikatan dengan badan moneter internasional itu.

Presiden Soekarno kala itu mengantarkan putusnya ikatan Indonesia dengan IMF pas di peringatan kemerdekaan RI ke- 20, sebab terdapatnya polemik mengenai penerimaan dorongan asing yang masuk ke Indonesia.

  • Bulu tangkis Persembahkan Emas Olimpiade

Nyatanya momen membanggakan di HUT RI pula berlangsung pada 17 Agustus 2016 kemudian.

Dilakukan pasangan atlet bulutangkis Tontowi Ahmad serta Liliyana Natsir yang mempersembahkan medali emas buat Indonesia.

Medali emas itu mereka miliki di Olimpiade 2016.

Mereka memboyong medali emas sehabis mengalahkan pasangan Malaysia, Chan Peng Soon serta Goh Liu Ying. 

Jadi setelah mengetahui momen lain selain Kemerdekaan di 17 Agustus, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!