Bagikan:

YOGYAKARTA – Menghormati bukan hanya kata kerja yang menggambarkan kekaguman mendalam terhadap seseorang atas kualitas, kemampuan, maupun prestasi mereka. Tetapi dalam konteks berpasangan, menghormati berarti juga memperhatikan, mengingini, dan memberi ruang atas hak yang dimilikinya. Untuk menunjukkan rasa hormat pada pasangan Anda, bisa dengan melakukan hal yang jauh dari klise berikut ini.

1. Perhatikan apa yang Anda katakan

Mengumpat pada pasangan Anda, bahkan di saat marah, meninggalkan rasa tidak enak. Jika Anda tidak dapat berdebat tanpa kata-kata makian, mungkin ada sesuatu yang sangat salah dengan Anda atau dengan hubungan Anda.

Untuk menghormati pasangan, fokuslah pada hal yang dipersengketakan, bukan yang lain. Hindari mengatakan "Kamu selalu" atau "Kamu tidak pernah". Hindari mengungkit kebencian yang tidak terkait dari masa lalu. Tetap berpegang pada topik yang sedang dibahas, dan berdebatlah dengan sopan santun.

2. Jangan berkata-kata tanpa dipikirkan lebih dulu

Aturannya adalah berbicara dengan berpikir. Setiap kata yang kita ucapkan dan setiap tindakan yang kita lakukan memiliki konsekuensi. Tidak semua hal perlu dikatakan. Jika Anda tidak menyetujui sesuatu, tanyakan pada diri sendiri apa yang akan Anda peroleh dengan memberi tahu pasangan Anda. Jika pasangan Anda mengalami masalah di tempat kerja, jangan langsung memberi nasihat. Artinya lebih baik mendengarkan daripada mengatakan sesuatu tanpa memikirkan konsekuensinya.

cara menghormati pasangan
Ilustrasi cara menghormati pasangan (Freepik/drobotdean)

3. Memberi ruang

Memberi ruang pada pasangan, misalnya untuk menekuni hobi atau fokus pada pekerjaannya, adalah cara menghormatinya. Perlu dipahami, setiap orang memiliki kebutuhannya sendiri akan ruang. Mungkin banyak atau sedikit, dan mungkin sangat berbeda dengan kebutuhan Anda. Hormati kebutuhan orang lain akan ruang sebagai tanda hormat, meskipun itu sangat berbeda dengan kebutuhan Anda.

4. Akui kesalahan Anda

Pertengkaran tak jarang karena pasangan menyalahkan sesuatu. Ini perlu waktu jeda untuk sama-sama merenungkan sebabnya. Keesokan harinya, ketika sudah sama-sama tenang, bisa berbicara secara terbuka tanpa meluap-luap. Selain itu, menghormati bisa dengan mengakui kesalahan atau dan minta maaf. Dengan begitu, pasangan Anda pasti akan menghormati Anda untuk ini.

5. Cintai diri Anda sendiri

Mencintai diri sendiri, dengan segala kekurangan dan kekurangannya, adalah tanda menghargai diri sendiri, dilansir All Women’s Talk, Kamis, 29 Juni. Ini menunjukkan bahwa Anda dapat mentolerir ketidaksempurnaan. Jika Anda bisa mentolerirnya sendiri, Anda pasti bisa melakukan hal yang sama untuk pasangan Anda.

6. Jangan menjatuhkan orang lain

Sangat mudah untuk masuk ke situasi di mana Anda terus-menerus menolak ide pasangan Anda dan membuatnya berkecil hati. Jangan lakukan itu. Bersikaplah lembut dan baik hati. Tertawa sayang pada kelemahannya. Dorong pasangan Anda untuk tertawa bersama Anda dan ia akan merasa dihormati serta dicintai.

Itulah keenam cara menghormati pasangan. Apakah Anda melakukan cara di atas untuk menjaga hubungan tetap harmonis dan hangat?