Selain Melindungi Kepala, 7 Jenis Topi Ini Cocok untuk Tampil Trendi
Ilustrasi topi pelindung dari panas (Pexels/Leah Kelley)

Bagikan:

JAKARTA – Kegunaan utama dari topi adalah melindungi kepala dari terik matahari dan hujan. Fungsi utama boleh satu, tetapi untuk tetap bergaya ada 7 referensi jenis topi buat Anda yang ingin tetap trendi di tengah situasi pandemi.

Topi bucket

jenis topi bucket
Ilustrasi topi bucket (Pexels/Limuel Gonzales)

Referensi topi pertama adalah topi bucket. Topi dengan bagian tepian tidak terlalu lebar dan lolos ke bawah. Untuk melapangkan pandangan, tepian topi bucket bisa diangkat ke atas. Jenis topi ini juga bisa dipakai segala usia.

Agar lebih playful, pilih desain topi bucket yang bertekstur, misalnya bertekstur bulu atau berpola unik. Jika menyukai topi bucket denim, sesuaikan pakaian dan tetap kreasikan gaya Anda. 

Topi baret

jenis topi
Ilustrasi topi baret (Pexels/Ana Madeleine)

Film Emily in Paris meneguhkan bahwa topi baret tidak pernah ada matinya. Tetap fashionable jika dipakai saat ini, terutama pilih topi baret berbahan suede. Selain menghangatkan bagian atas kepala, Anda juga bisa sesekali tampil beda.

Breton hat

jenis topi
Ilustrasi Breton hat (Pexels/Daria Rem)

Desainer Coco Chanel sempat membuat breton hat jadi sangat populer. Hingga saat ini banyak dijumpai orang memakai topi ini.

Breton hat bagian tepinya hanya ada di depan dan terlihat classy. Karena dulu dipakai petani dan nelayan, jadi masuk akal jika fungsinya untuk melindungi kepala dari panas dan hujan.

Cartwheel

jenis topi
Ilustrasi topi cartwheel (Pexels/Mateo Almendares)

Jenis topi selanjutnya disebut cartwheel, topi vintage yang bentuknya seperti piring bertepi lebar. Topi cartwheel dibuat dari berbagai bahan, mulai dari jerami hingga kain felt. Biasanya bagian yang menempel kepala berpotongan rendah.

Paling pas dipakai untuk traveling ke pantai atau dataran rendah dengan intensitas matahari cukup tinggi.  

Top hat

jenis topi
Ilustrasi memakai topi (Pexels/Nataliya Vaitkevich)

Top hat atau topi top erat sekali dengan gaya berpakaian abad ke-19 pada era Victoria. Topi ini menggambarkan pria kelas atas, orang kaya, dan terhormat. Sekarang, topi top bisa dipakai siapapun termasuk kamu yang ingin bersolek.

Beanie

jenis topi
Ilustrasi beanie hat (Pexels/Andrea Piacquadio)

Mayoritas beanie hat berbahan benang wol dirajut. Biasanya dipakai di kawasan dingin dan berfungsi untuk menghangatkan. Terdapat juga topi beanie berpola unik atau ditambahkan bun di bagian atas.

Baseball cap

jenis topi
Ilustrasi baseball cap (Pexels/EVG Culture)

Untuk jenis topi yang terakhir ini pasti tidak asing. Paling populer, paling sering dipakai, dan paling banyak pilihan. Topi baseball adalah topi lembut dengan paruh kaku dan menonjol ke depan.

Mengapa disebut topi baseball? Karena topi ini adalah bagian dari seragam bisbol tradisional. Fungsinya untuk melindungi mata dari sorot cahaya matahari ketika bermain bisbol.

Dari tujuh referensi jenis topi di atas, mana yang paling sesuai dengan gaya Anda?