Merasa Mendengar Suara Orang yang Sudah Meninggal? Ini Bisa Jadi Penjelasannya
Ilustrasi. (Steinar Engeland/Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Banyak orang mengaku mendengar atau merasakan orang mati. Mulai dari penyanyi Celine Dion hingga Kesha, medium spiritualis, hingga orang biasa. Jauh di luar nalar memang. 

Tetapi penelitian baru mungkin memberi kita wawasan tentang mengapa beberapa orang mengatakan bahwa mereka dapat merasakan yang meninggal. Studi tersebut, yang mencakup 65 medium dari Serikat Nasional Spiritualis dan 145 orang dari masyarakat umum. 

Hasilnya, medium spiritualis lebih rentan terhadap aktivitas mental yang imersif, seperti aktivitas imajinatif atau mengalami perubahan kondisi kesadaran, dan seringkali mereka memiliki pendengaran yang tidak biasa. pengalaman, terutama di awal kehidupan.

"Temuan kami mengungkapkan banyak hal tentang belajar dan kerinduan. Bagi peserta kami, prinsip Spiritualisme tampaknya memahami pengalaman masa kanak-kanak yang luar biasa. Serta fenomena pendengaran yang sering mereka alami sebagai media latihan," kata ketua peneliti Adam Powell, seperti dilansir forbes.

Media yang 'mendengar' roh dikatakan mengalami komunikasi clairaudient (pendengaran), daripada komunikasi waskita (melihat) atau clairsentient ("perasaan" atau "penginderaan").

"Tetapi semua pengalaman itu mungkin lebih dihasilkan dari memiliki kecenderungan tertentu atau kemampuan awal, daripada sekadar percaya pada kemungkinan menghubungi orang mati jika seseorang berusaha cukup keras," tambah Powell.

ilustrasi
Ilustrasi. (Jr Korpa/Unsplash)

Komunikasi spiritual

Banyak orang yang merasakan roh atau mendengar suara beralih ke keyakinan spiritualis, gagasan bahwa jiwa manusia terus ada setelah kematian. Dan berkomunikasi dengan makhluk hidup melalui medium atau psikis, untuk menjelaskan makna atau signifikansi dari pengalaman unik mereka

Menurut penelitian, dimungkinkan untuk menjelaskan mengapa mereka akhirnya mengadopsi keyakinan spiritualis dan mendengarkan orang mati. Studi yang diterbitkan dalam jurnal Kesehatan Mental, Agama dan Budaya, melihat cara medium mengalami suara roh, dan juga membandingkan tingkat penyerapan, rawan halusinasi, aspek identitas, dan kepercayaan pada paranormal.

Hasil penelitian menunjukkan, tingkat penyerapan dan kerentanan yang tinggi terhadap fenomena pendengaran, terkait dengan komunikasi clairaudient yang lebih sering.

Lebih lanjut, hampir 80% media spiritualis mengatakan, komunikasi spiritual pendengaran adalah bagian dari kehidupan sehari-hari mereka. Sekitar setengah dari peserta spiritualis mengatakan, mereka mendengar suara almarhum setiap hari, dengan lebih dari 30% melaporkan pengalaman clairaudience di hari terakhir.

Menurut penelitian, sebagian besar medium (65%) mendengar orang mati di dalam kepala mereka. Tetapi, sekitar 30% mengatakan mereka mendengar suara di dalam dan di luar kepala mereka. Dan usia rata-rata untuk pengalaman clairaudient adalah antara usia 21 dan 22.

Tidak mengherankan, ketika dinilai berdasarkan skala penyerapan dan seberapa kuat mereka percaya pada paranormal, spiritualis mendapat skor jauh lebih tinggi daripada masyarakat biasa. Spiritualis juga cenderung tidak peduli tentang apa yang orang lain pikirkan, tentang mereka daripada orang pada umumnya. Mereka lebih cenderung pada pengalaman pendengaran seperti halusinasi yang tidak biasa.

ilustrasi
Ilustrasi. (Stefano Pollio/Unsplash)

Meskipun ketika melihat populasi umum, penyerapan dikaitkan dengan seberapa besar seseorang percaya pada paranormal, tetapi tidak ada hubungan yang signifikan antara kepercayaan dan kecenderungan halusinasi.

Lebih lanjut, para peneliti mencatat bahwa tidak ada perbedaan dalam tingkat kepercayaan takhayul atau kecenderungan halusinasi visual antara peserta spiritualis dan non-spiritualis.

Namun, penelitian lain mengatakan bahwa merasakan orang mati sebenarnya merupakan respons terhadap kesedihan. Menurut sebuah penelitian, antara 30% - 60% orang janda lanjut usia mengalami apa yang disebut halusinasi berkabung.

Studi lain tentang janda dan duda lansia di Wales menemukan bahwa lebih dari sepertiganya terus merasakan kehadiran orang yang dicintai, sementara 13% telah mendengar suara orang yang mereka cintai yang telah meninggal, 14% telah melihat mereka, dan 3% telah merasakan sentuhan mereka. Dan sebuah penelitian di Jepang menemukan bahwa 90% janda merasakan kehadiran pasangan mereka yang telah meninggal.

"Pengalaman dapat memberikan kekuatan dan kenyamanan spiritual dan emosional, mengurangi perasaan terisolasi dan memberikan dorongan kepada orang-orang selama tugas yang sulit," tulis Associate Professor Psikologi Klinis dan Neuropsikologi Trinity College Dublin Simon McCarthy-Jones dalam 'The Conversation'. 

ilustrasi
Ilustrasi. (iSAW Company/Unsplash)

Penelitian khusus

Namun, perlu dicatat terlepas dari banyaknya teori di luar sana, para ilmuwan masih belum tahu persis apa yang terjadi ketika seseorang berhalusinasi atau merasakan orang mati.

"Sampai saat ini tidak ada penelitian yang secara khusus mengeksplorasi korelasi neurofungsional dari fenomena halusinasi visual pada populasi yang berduka," tulis Daniel Collerton dalam 'The Neuroscience of Visual Hallucinations'.

Seperti yang ditunjukkan oleh para ahli, tidak ada cara untuk mengantisipasi peristiwa ini, sehingga upaya untuk mengujinya di laboratorium sangat tidak mungkin dilakukan.

Juga belum ada penelitian tentang populasi medium spiritualis untuk apa nilainya, yang mungkin menjadi alasan mengapa banyak orang lebih cenderung percaya bahwa berkomunikasi dengan orang mati tidak lebih dari tipu daya psikologis.

Tetapi terlepas dari mengapa beberapa orang merasakan orang yang sudah meninggal, Peter Moseley dari Durham menjelaskan, melanjutkan pemahaman kita tentang jenis pengalaman pendengaran dan sensorik ini dapat berguna.

"Spiritualis cenderung melaporkan pengalaman pendengaran yang tidak biasa yang positif, dimulai sejak awal kehidupan dan yang kemudian sering mereka dapat kendalikan. Memahami bagaimana hal ini berkembang adalah penting karena dapat membantu kita memahami lebih banyak tentang pengalaman mendengar suara yang menyedihkan atau tidak dapat dikontrol juga," katanya dalam sebuah pernyataan.