Mengenal Demiromantic yang Bikin Seseorang Jarang Tertarik pada Momen Romantis
Ilustrasi demiromantic dalam hubungan romantis (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Demiromantic dipakai untuk menyebut seseorang yang jarang tertarik pada hubungan romantis. Ketertarikan hanya dirasakan pada awal hubungan. Selanjutnya, sulit untuk merasakan momen romantis bersama pasangannya. Beberapa tanda yang dialami seorang demiromantic, diantaranya berikut ini.

Jarang jatuh cinta

Meskipun semua teman memulai hubungan baru dengan mudahnya, demiromantic sebaliknya. Mereka jarang merasa jatuh cinta dengan orang lain. Bahkan ketika tertarik secara seksual, seorang demiromantic seringnya tertarik pada orang yang sudah ia kenal. Ketertarikan juga sering pada teman dekat yang seringkali mengembangkan cinta.

Tidak pernah mengalami jatuh cinta pada pandangan pertama

Umumnya, jatuh cinta pada pandangan pertama terasa berbunga-bunga. Tetapi bagi demiromantic, tidak pernah mengalami bunga indah mekar pada cinta pandangan pertama. Ketika berhubungan dengan seseorang demiromantic, hubungan terasa bergerak lambat atau tak memiliki progress ke depan. Meskipun tertarik secara seksual kepada orang tertentu, demiromantic tak merasakan perasaan romantis.

demiromantic dalam hubungan romantis
Ilustrasi demiromantic dalam hubungan romantis (Freepik/master1305)

Demiromantic tidak memiliki banyak hubungan romantis masa lalu

Melansir VerywellMind, Senin, 22 Mei, karena orang demiromantic tidak sering mengalami perasaan romantis, maka mereka mungkin menemukan hubungan romantis lebih sedikit. Oleh sebab itu, butuh waktu bagi mereka untuk percaya dan terbuka. Membangun keintiman emosional juga membutuhkan waktu serta usaha. Perasaan mungkin akan berkembang perlahan dimulai dari pengungkapan diri hingga merasa nyaman. Setelah keintiman dan kepercayaan terbangun, perasaan romantis demiromantic akan tumbuh.

Suka hubungan jangka panjang

Proses membuka hati seorang demiromantic cukup panjang. Oleh karena itu, mereka lebih suka memulai hubungan atas dasar persahabatan. Kemudian hubungan romantis seringkali bertahan lebih lama.

Menurut asisten profesor ilmu komunikasi di Middle Tennessee State University, Natalie Hoskins, Ph.D., demiromantic membutuhkan komunikasi yang terbuka dan penuh kasih. Seperti halnya dalam hubungan apapun, komunikasi memang perlu terjalin dengan baik. Nah, kalau Anda menjalin hubungan romantis dengan seseorang demiromantic, diperlukan waktu berkualitas berdua. Penting pula menekuni minat bersama, percakapan mendalam, terhubung satu sama lain, dan membangun keintiman emosional.

Itulah hal penting yang perlu diketahui tentang seseorang yang jarang merasakan perasaan romantis atau dikenal dengan demiromantic. Demiromantic berasal dari bahasa Latin, dimedius yang berarti ‘setengah’. Terminologi ini menunjukkan bahwa demiromantic adalah sebagian saja yang romantis dalam beberapa situasi. Seseorang yang identifikasi sebagai demiromantic, berarti mereka hanya mengalami perasaan romantis untuk seseorang setelah pertama kali membentuk ikatan emosional yang kuat.