Serunya Pengalaman Baca di Taman Baca Melego Depok, Punya Koleksi Ribuan Buku
Pengunjung Taman Bacaan Melogo Depok (ist)

Bagikan:

JAKARTA - Membaca buku dapat meningkatkan kemampuan literasi anak. Untuk meningkatkan kegemaran baca, Telkom Regional II (Jabotabek dan Banten) mengadakan program bertemakan Donasi 1000 Buku Anak-Anak bagi Taman Baca Melego.

Taman Baca Melego yang berlokasi di Kelapa Dua, Depok dibangun pada pertengahan tahun 2019 oleh sekumpulan mahasiswa di wilayah Depok. Pada awalnya lokasi tersebut merupakan lahan pembuangan sampah yang kurang mendapat perhatian, namun akhirnya dengan niat baik untuk membangun anak bangsa, Taman Baca Melego didirikan dan sudah berkembang cukup baik hingga saat ini.

Ahmad Zaoharudin, sebagai inisiator Taman Baca Melego, bertekad untuk membersihkan lahan tersebut dan menjadikannya sebagai tempat berkumpul yang layak bagi anak-anak di wilayah sekitar. Setelah proses pembersihan lokasi yang memakan waktu selama kurang lebih 8 bulan, perkumpulan mahasiswa mulai membuka donasi buku, alat tulis serta mainan untuk anak-anak yang akan ditempatkan di Taman Baca Melego.

Telkom memberikan donasi buku sebagai bagian dari program charity yang dilaksanakan sebagai bentuk kontribusi IndiHome bagi masyarakat, khususnya generasi anak–anak.

Donasi buku dikumpulkan melalui box donasi yang tersebar di 10 titik lokasi, yakni Gedung Wilayah Telkom Banten, Bekasi, Bogor, Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Utara, Tangerang, dan Lobby Graha Merah Putih, The Telkom Hub Tower.

Selain donasi berupa buku bacaan khusus anak-anak, diberikan juga bantuan berupa dana perbaikan fasilitas ruang baca senilai 20 Juta Rupiah dari Telkom Regional II yang akan kepada Taman Baca Melego, di Wilayah Depok, Jawa Barat. Dana perbaikan fasilitas ruang baca dikumpulkan melalui penukaran poin myIndiHome yang tertera pada aplikasi myindiHome pelanggan. Satu kali penukaran poin myIndiHome akan senilai dengan 500 poin, dengan konversi sebesar Rp 5.000. Baik program donasi 1000 buku dan perbaikan fasilitas ini berlangsung sejak awal April hingga pertengahan Juni 2023.

“Menumbuhkan minat baca kepada bagi generasi penerus bangsa merupakan tanggung jawab kita bersama. Ayo kita wujudkan dengan ikut mendonasikan 1 buku pada program Donasi 1.000 Buku. Satu buku lama yang kita donasikan, dapat menjadi buku baru bagi mereka yang menerimanya,” ujar Executive Vice President Telkom Regional II, Mohammad Salsabil dalam rilis yang diterima VOI, Rabu, 17 Mei.

Kegiatan Donasi 1000 Buku IndiHome ini dibagi menjadi 2 tahap penyerahan yakni tahap pertama telah dilaksanakan pada tanggal 12 April 2023 dan tahap kedua yang akan dilaksanakan pada pertengahan bulan Juni 2023. Pada tahap 1, selain penyerahan buku hasil donasi, dilaksanakan pula tausiyah oleh Ustadz Kamaluddin, unjuk bakat oleh anak-anak Taman Baca Melego dan Buka Puasa Bersama warga sekitar. Untuk tahap 2 agenda utama yang diharapkan adalah peresmian Taman Baca Melego yang telah direnovasi yang disertai dengan penyerahan buku dan donasi.