Apa Itu Social Engineering? Ini Pengertian dan Cara Melakukan Pencegahan
Ilustrasi social engineering (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Topik social engineering tengah jadi perbincangan. Pasalnya, bentuk kejahatan dan penipuan tersebut memiliki ancaman yang perlu diwaspadai. Di sisi lain belum banyak orang tahu apa itu social engineering.

Artikel berikut ini akan membahas sedikit tentang social engineering, mulai dari pengertian hingga cara menanggulanginya.

Apa Itu Social Engineering

Secara umum, social engineering adalah salah satu bentuk kejahatan perbankan yang sekaligus mengancam keamanan data pribadi seseorang. Kejahatan ini biasanya memanfaatkan kesalahan korban demi mendapatkan akses ke informasi pribadi atau data berharga lainnya.

Social engineering juga bisa dilakukan dengan cara memanipulasi korban dari segi psikis agar rela membuka data pribadi dan data lain terkait akun perbankan korban. Untuk melancarkan aksinya, pelaku kejahatan menggunakan berbagai media seperti telepon, SMS, e-mail, atau media sosial.

Cara Mencegah Social Engineering

Dalam praktiknya, social engineering memiliki beragam jenis. Tiap jenis ditargetkan disesuaikan dengan sasaran korban. Sebagai langkah antisipasi, ada beberapa hal yang bisa dilakukan yakni sebagai berikut, dikutip dari berbagai sumber.

  • Hati-hati saat mendapat tautan mencurigakan

Modus ini kerap ditemui oleh masyarakat. Korban biasanya mendapat pesan dari nomor tak dikenal yang mengaku sebagai kerabat atau perusahaan dengan menyertakan tautan. Ada baiknya jangan langsung klik tautan tersebut. Klik bisa jadi jebakan yang justru menjerumuskan korban. Tautan sendiri biasanya dikirim lewat WhatsApp atau media sosial lainnya.

  • Selidiki Situs

Pelaku kejahatan juga kadang melancarkan aksinya secara meyakinkan hingga memiliki situs yang seolah terpercaya. Saat Anda berencana membuka situs tertentu, baiknya selidiki dulu situs tersebut.

  • Jangan Download Dokumen Tak Dikenal Sembarangan

Pelaku social engineering juga akan membujuk korbannya mengunduh dokumen tertentu hingga korban terperangkap.

  • Tolak Request Email Mencurigakan

Jika Anda memiliki alamat email yang terpampang di ruang publik, ada baiknya lebih berhati-hati karena email jadi sasaran empuk melancarkan aksi kejahatan siber.

Itulah informasi terkait apa itu social engineering. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.