7 Masalah Kesehatan saat Cuaca Panas Ekstrem, Waspadai Paparan Terik Matahari
Ilustrasi panas ekstrem (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Berbagai daerah di Indonesia tengah dilanda cuaca panas ekstrem sejak beberapa pekan terakhir. Menghadapi kondisi tersebut, masyarakat diminta waspada masalah kesehatan saat cuaca panas. Jika tubuh tidak kuat terhadap paparan panas ekstrem, maka bisa terkena beberapa penyakit. 

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika mengungkapkan penyebab terjadinya cuaca panas ekstrem di sejumlah wilayah yakni karena dinamika atmosfer yang tidak biasa. Kondisi panas yang tinggi ini dikeluhkan banyak orang karena membuat gerah dan cepat lemas.

Cuaca panas ekstrem juga dikhawatirkan membuat orang-orang terkena serangan penyakit. Pasalnya saat menerima paparan cuaca panas ekstrem, tubuh akan rentan mengalami masalah kesehatan. 

Masalah Kesehatan saat Cuaca Panas

Masalah kesehatan mudah menyerang saat cuaca panas ekstrem karena tubuh sedang menyesuaikan diri dengan cuaca yang berbeda dari biasanya. Berikut ini beberapa masalah kesehatan yang biasanya dialami.

Dehidrasi 

Cuaca yang panas akan menguras banyak cairan dalam tubuh daripada saat cuaca normal. Cairan banyak keluar melalui keringat saat badan terasa gerah. Kondisi ini pun membuat orang-orang mengalami dehidrasi. 

Oleh karena itu, agar kebutuhan cairan tetap terpenuhi maka Anda perlu lebih sering minum air dibandingkan di waktu cuaca normal. Apabila kondisi dehidrasi dibiarkan, maka bisa menyebabkan masalah kesehatan seperti gagal ginjal dan stroke. 

Panas Dalam 

Cuaca panas ekstrem juga bisa menyebabkan seseorang terkena panas dalam. Saat dehidrasi akibat cuaca panas, tubuh akan mudah terkena infeksi berbagai bakteri dan virus. Jika kondisi ini tidak diatasi dengan mengonsumsi makanan-makanan bergizi maka bisa memicu masalah panas dalam. 

Penyakit Paru-Paru

Masalah kesehatan lainnya yang bisa ditimbulkan akibat cuaca panas ekstrem adalah penyakit paru-paru. Saat cuaca panas, udara menjadi lebih kering dan polusi akan lebih tinggi. Kondisi ini bisa menyebabkan gangguan saluran pernapasan hingga mengakibatkan penyakit paru-paru, seperti asma, emfisema, dan bronkitis. 

Sakit Kepala atau Migrain

Paparan cuaca panas ekstrem bisa membuat seseorang mudah mengalami sakit kepala sebelah atau migrain. Sakit kepala yang dialami akan terasa nyeri tumpul dan berdenyut di sekitar atau bagian kepala belakang. 

Heat Stroke

Cuaca panas ekstrem juga bisa membuat seseorang mengalami heat stroke. Heat stroke adalah kondisi saat suhu tubuh meningkat secara cepat namun tidak dibarengi dengan kemampuan tubuh dalam menurunkan suhu. 

Saat perpindahan dari cuaca normal ke cuaca panas ekstrem, biasanya tubuh tidak bisa mengontrol suhu badan. Salah satu tanda gejala heat stroke adalah ketika suhu tubuh meningkat cepat hingga 41° C dalam 10 sampai 15 menit dan tidak ada keringat yang keluar dari badan. 

Sakit Mata

Masalah kesehatan lain yang perlu diwaspadai saat cuaca panas ekstem adalah sakit mata. Saat cuaca panas, udara menjadi lebih kering sehingga debu, kotoran, dan asap  mudah terpapar ke mata. Kondisi ini dapat membuat mata mengalami rasa gatal, merah, dan panas. Jadi saat sedang beraktivitas di tengah cuaca panas, sebaiknya memakai pelindung mata seperti kaca mata. 

Kram Panas

Kram panas atau heat cramps juga dapat dialami oleh seseorang saat terlalu lama terpapar cuaca panas. Heat cramps adalah kondisi ketika terjadi ketegangan otot ketika suhu tubuh meningkat. 

Biasanya heat cramp mudah dialami oleh orang yang melakukan aktivitas di bawah paparan terik matahari. Kondisi ini bisa terjadi karena tubuh kehilangan garam dan esensial melalui keluarnya keringat. Kemudian kondisi tersebut diikuti dengan rasa sakit dan kram pada kaki, lengan, dan perut. 

Demikianlah beberapa masalah kesehatan saat cuaca panas ekstrem. Supaya kesehatan tubuh bisa terjaga dan tidak rentan terkena penyakit, sebaiknya jaga selalu kondisi tubuh Anda. Selalu cukupi kebutuhan asupan makanan bergizi dan minum cairan dengan cukup, serta tidak berada di bawah paparan terik matahari berlama-lama. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.