Bagikan:

YOGYAKARTA - Cuaca ekstrem gelombang panas sedang melanda beberapa negara di Asia. Sejak beberapa pekan terakhir, heatwave atau suhu panas ini memanggang penduduk negara-negara di wilayah Asia Selatan hingga Asia Tenggara. 

Gelombang panas ini membuat jutaan orang di negara yang terkena dampaknya mengalami kepanasan. Bukan cuma cuaca terik seperti ketika matahari sedang cerah, namun kondisinya benar-benar sudah berbahaya bagi kesehatan. 

Paparan gelombang panas yang terjadi secara berkelanjutan ini juga mengganggu sejumlah sektor. Bahkan jumlah negara menutup paksa sekolah demi menjaga siswanya agar tidak terkena serangan panas. Selain itu, cuaca panas ekstrem ini juga mengganggu produktivitas lahan pertanian. 

Kabar lebih parah akibat suhu tinggi ekstrem ini juga dilaporkan adanya puluhan orang meninggal dunia. Lantas apa penyebab gelombang panas di Asia dan daerah mana saja yang terkena dampak buruknya?

Penyebab Gelombang Panas di Asia

Terjadinya gelombang panas menurut para ahli disebut dipicu oleh krisis iklim. Perubahan iklim atau climate change disebabkan karena aktivitas manusia itu sendiri, terutama dalam pemakaian berlebihan pada bahan bakar fosil seperti batu bara dan BBM. 

Kepala Pusat Informasi Perubahan Iklim, Fachri Radjab, mengatakan bahwa serangkaian gelombang panas ini diduga disebabkan oleh tiga faktor. Berikut ini dugaan penyebab terjadinya gelombang panas yang melanda sejumlah negara di Asia:

Gerakan Semu Matahari

Dugaan pertama yakni karena gerakan semu matahari di akhir April dan awal Mei yang berada di atas lintang 10 derajat Lintang Utara. Fenomena antariksa ini bertepatan dengan wilayah-wilayah Asia Tenggara daratan. 

Anomali Iklim El Nino

Penyebab yang kedua yaitu anomali iklim El Nino 2023/2024 yang membuat gelombang panas. Berdasarkan analisis data historis menunjukkan bahwa ketika terjadi El Nino, wilayah di Asia Tenggara daratan bakal mengalami anomali suhu mencapai 2 derajat di atas normal dalam periode Maret-April-Mei. 

Global Warming

Faktor yang ketiga penyebab gelombang panas yakni karena pengaruh pemanasan global (global warming). Kondisi ini membuat suhu terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. 

Dari ketiga kombinasi faktor di atas, suhu udara menjadi sangat panas pada April-Mei. Wilayah-wilayah di Asia Tenggara mengalami cuaca ekstrem berupa gelombang panas. Masyarakat Indonesia pun perlu mewaspadai ancaman suhu tinggi ini dalam beberapa waktu sekarang. 

Wilayah di Asia Tenggara yang Mengalami Gelombang Panas

Berbagai pemberitaan media internasional menyoroti sejumlah negara di Asia Tenggara yang kepanasan akibat suhu tinggi yang sudah tergolong ekstrem ini. Salah satu negara yang terpapar oleh gelombang panas adalah Filipina. Negara ini sampai menutup ribuan sekolah dan menyetop kelas tatap muka untuk sementara. 

Serangan gelombang panas juga dirasakan oleh negara Thailand. Pihak berwenang di negara gajah putih tersebut melaporkan adanya 30 orang tewas akibat serangan suhu tinggi sepanjang tahun. Pemerintah setempat juga menginstruksikan agar masyarakat menahan diri dari aktivitas di luar ruangan. 

Suhu udara di Bangkok, ibukota Thailand, bahkan sempat menebus 40,1 derajat celcius. Dengan indeks panas yang melampaui angka 52 derajat celcius, kondisi suhu di daerah tersebut sangat menyengat bagi orang-orang di sana. 

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2017 menyebutkan bahwa di akhir abad ini bakal terjadi perubahan iklim yang bisa menimbulkan glombang panas ekstrem. Tingkat suhu panas ini disebut melebihi batas kemampuan manusia dalam bertahan hidup tanpa perlindungan. 

Demikianlah ulasan mengenai penyebab gelombang panas di Asia Tenggara dan Asia Selatan. Gelombang panas merupakan ancaman serius yang perlu diwaspadai hingga waktu mendatang karena bisa menimbulkan masalah kesehatan yang urgent. Baca juga tips melindungi kulit dari gelombang panas

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.