4 Perbedaan Face Cleanser dan Facial Wash yang Harus Diketahui dalam Dunia Kecantikan
Ilustrasi membersihkan wajah (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Meski sama-sama pembersih muka, masyarakat harus tahu perbedaan face cleanser dan facial wash dalam dunia kecantikan. Keduanya digunakan untuk pemakaian yang sama namun dalam kasus berbeda. Lalu apa saja perbedaan kedua pembersih wajah tersebut?

Perbedaan Face Cleanser dan Facial Wash

Harus diketahui, face cleanser dan facial wash sama-sama digunakan untuk merawat kecantikan dan kesehatan wajah. Namun, ada perbedaan mendasar yang bisa dilihat dari kedua produk tersebut yakni sebagai berikut.

  1. Dari Segi Tekstur

Face wash adalah sabun pembersih wajah yang dibuat dengan bahan dasar air dan sabun. Produk ini biasanya berbentuk gel, busa, hingga padat. Saat Anda face wash diusap ke kulit wajah akan muncul busa sehingga perlu membilas wajah dengan air setelah pemakaian.

Sedangkan face cleanser biasanya berbentuk cairan yang lebih encer dari face wash dan tak mengandung busa seperti face wash. Namun ada pula produk face cleanser yang berbentuk gel. Saat mengusapkan face cleanser ke wajah, Anda tidak perlu membilasnya dengan air.

  1. Dari Segi Fungsi

Secara umum fungsinya sebenarnya sama. Namun masing-masing produk difokuskan pada kondisi yang berbeda.

Face wash digunakan untuk membersihkan wajah dari kotoran, debu, atau polusi yang menempel di wajah. Produk ini dipakai untuk membersihkan pori-pori kulit yang mendalam sehingga wajah lebih bersih.

Sedangkan face cleanser biasanya dipakai untuk membersihkan riasan atau produk kecantikan yang digunakan di wajah seperti bedak. Face cleanser dipakai setelah wajah mendapatkan olesan make up seharian. Cairan pembersih ini juga membantu melembutkan kulit sekaligus menghindari kulit yang kering.

  1. Dari Segi Cara Pemakaian

Penggunaan face wash biasanya dipakai saat wajah dalam kondisi lembab. Anda bisa membasuh wajah dengan air lebih dulu sebelum mengoleskan face wash. Setelah itu pijit secara merata di seluruh wajah. Setelah selesai, Anda bisa melakukan pebasuhan busa yang muncul dengan air mengalir.

Sedangkan facial wash biasanya digunakan dengan kapas. Anda bisa membasahi kapas bersih dengan cairan facial wash kemudian oleskan kapas tersebut ke wajah secara merata. Kotoran dan make up akan terangkat dan menyisakan bekas di kapas. Lakukan pembersihan wajah tersebut secara berulang sampai wajah bersih dari riasan. Setelah selesai Anda tak perlu membilas wajah dengan air. Namun Anda bisa mengusap wajah dengan kapas kering bersih untuk menyempurnakan proses pembersihan.

  1. Dari segi Tipe Kulit

Face wash mengandung astringent yakni produk perawatan kulit yang memiliki kandungan isopropil, sejenis alkohol. Oleh karenanya penggunaan face wash sebaiknya diperhatikan dan disesuaikan dengan jenis kulit Anda karena berpotensi membuat kulit semakin kering.

Sedangkan Face cleanser tak mengandung bahan yang mampu mengiritasi kulit sehingga aman untuk diaplikasikan pada berbagai jenis kulit. Selain itu face cleanser mampu menambah kelembapan kulit. Artinya jika Anda memiliki tipe kulit wajah kering maka akan cocok menggunakan produk pembersih macam ini.

Itulah beberapa perbedaan face cleanser dan facial wash. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.