Persiapan Arus Balik Lebaran 2023: Perjalanan Jadi Nyaman Kalau Lakukan beberapa Hal Ini
Persiapan Arus Balik Lebaran (foto: Julita - Pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Serupa perihalnya dengan perjalanan pergi mudik, mengalami arus balik mudik sesudah menghabiskan masa Idulfitri bersama keluarga juga memerlukan perencanaan yang lumayan matang. Mulai dari tanggal, perlengkapan, sampai situasi fisik yang prima wajib kalian cermati, ya! Lantas bagaimana ya persiapan arus balik lebaran yang bank?

Supaya membuat perjalanan di masa arus balik mudik lebih nyaman serta senantiasa mudah sesuai agenda, ikuti panduan perencanaan hadapi arus balik mudik Idulfitri berikut ini:

Persiapan Arus Balik Lebaran

Arus balik sehabis Idulfitri umumnya mempunyai tingkatan kepadatan yang lebih besar dari disaat arus mudik dimulai. Tidak bisa dibantah sebagian titik jalan bakal hadapi kemacetan hebat. Mengalami perihal itu, berikut beberapa langkah menempuh perjalanan arus balik Idulfitri yang dapat kalian coba. 

Menetapkan Tanggal Mudik

Perencanaan menghadapi arus balik mudik Idulfitri yang awal yakni memastikan tanggal balik yang pas. Buat Anda yang berencana memakai transportasi biasa semacam kereta api atau pesawat, waktu paling pas buat melaksanakan pemesanan karcis yakni 3 bulan saat sebelum bertepatan pada balik. 

Tidak cuma semata- mata buat memperoleh harga terbaik, perihal ini pula buat menghindari kehabisan karcis mudik Idulfitri. Buat yang memakai alat transportasi pribadi, mengawasi selalu informasi arus balik mudik serta berangkatlah sejak dinihari buat menghindari kemacetan. 

Siapkan Kebutuhan Pokok untuk di Perjalanan

Perjalanan arus balik mudik Idulfitri dapat memakan durasi yang lumayan jauh. Buat itu, senantiasa membawa keperluan utama semacam masakan serta minuman seperlunya. Cemilan pula dapat Kamu bawa buat mengusir rasa jenuh.

Tidak hanya masakan serta minuman, obat- obatan biasa semacam obat mabuk darat, obat sakit kepala sampai obat sakit perut pula tidak ada salahnya disediakan. Terlebih bila Kalian mempunyai obat- obatan pribadi semacam obat maag atau sesak napas, yakinkan janganlah sampai terabaikan, loh!

Bawalah Barang Seperlunya

Cara menghadapi arus balik mudik yang tidak kalah berarti dari hanya mempersiapkan keperluan di ekspedisi yakni menata beberapa barang bawaanmu seefisien mungkin. Tidak hanya meletihkan serta membebani, bawa sangat banyak benda dikala akan menempuh perjalanan arus balik Idulfitri pula amat tidak nyaman. Bukan cuma lebih susah buat diawasi, benda yang berlebihan ini mungkin saja mengundang perhatian penjahat. 

Pastikan Kendaraan dalam Kondisi Baik dan Layak Jika Menggunakan Kendaraan Pribadi

Buat Kamu yang berencana memakai alat transportasi pribadi semacam mobil atau motor, lakukanlah pemeriksaan pada keadaan kendaraan saat sebelum dipakai buat perjalanan arus balik mudik Idulfitri. Yakinkan keadaan alat transportasi senantiasa dalam kondisi layak, mulai dari mesin, oli, bahan bakar, rem, serta bermacam bagian penting yang lain buat menghindari keadaan tidak diinginkan sepanjang perjalanan arus balik mudik.

Dikala berkendara, senantiasa patuhi rambu lalu lintas yang ada serta batasi kecepatan Kalian. Jauhi pula mengemudi dalam kondisi mengantuk. Beristirahatlah di rest area bila dibutuhkan, ataupun Kalian dapat bergantian mengemudi dengan kawan ataupun anggota keluarga yang lain. 

Tingkatkan Kewaspadaan

Sehabis berbagai perencanaan hadapi arus balik mudik itu, langkah terakhir yang harus Kalian ingat yakni buat selalu hati- hati. Jauhi memakai aksesori ataupun busana kelewatan yang bakal mengundang perhatian orang serta apabila butuh istirahat, yakinkan beberapa barang yang Kamu bawa berada di gapaian Kalian yang tidak dapat dijangkau orang lain.

Bila memakai alat transportasi pribadi, beristirahatlah di rest area yang ramai oleh pemudik yang lain. Tidak hanya itu, jauhi bantuan dari banyak orang yang tidak diketahui serta mencurigakan namun segeralah mendatangi lembaga resmi semacam kepolisian, rumah sakit, jasa marga, serta yang lain bila kalian memanglah tengah membutuhkan pertolongan. 

Jadi setelah mengetahui persiapan arus balik lebaran, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!