4 Alasan Mengapa Wanita Dituntut Harus Mandiri
Ilustrasi Wanita Mandiri (вальдемар/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Seiring perkembangan zaman, kemandirian tidak hanya harus dimiliki pria tapi juga wanita. Bukan tanpa alasan, dengan menjadi wanita mandiri Anda bisa mendapat banyak manfaat untuk kehidupan. 

Seperti kebebasan memilih hingga tidak bergantung pada bantuan orang lain. Selain itu, inilah alasan wanita harus mandiri yang patut diketahui. 

Bisa memilih

Wanita mandiri lebih banyak memiliki kesempatan untuk bisa memilih keputusan apapun untuk dirinya sendiri. Dengan begini, wanita akan tumbuh menjadi lebih dewasa dalam mengatasi berbagai masalah.

Meningkatkan harga diri

Saat wanita memilih untuk mandiri baik secara finansial maupun lainnya, hal ini secara langsung berdampak pada cara pandang orang terhadapnya.

Dia akan cenderung menarik perhatian orang lain untuk menghormatinya dan membangun hubungan yang lebih profesional.

Mengutip laman The Women Par, Mary Gresham, psikolog di Atlanta mengatakan bahwa wanita yang tidak mandiri, terutama dalam urusan finansial, bisa membuatnya ketergantungan dan cenderung manja. 

“Seiring waktu, pencari nafkah mulai bertindak lebih seperti orang tua, dan yang bergantung mulai merasa dan bertindak lebih seperti anak kecil," jelasnya.

"Karena uang sangat penting dalam masyarakat kita, jika Anda tidak mendapatkan atau mengelolanya, hal ini akan membuatmu merasa tidak mampu dan seolah-olah tidak memiliki kendali dalam hidupmu."

Punya pegangan hidup

Wanita yang mandiri tidak akan mudah khawatir saat dirinya sendirian dalam menjalani hidup. Kebiasaannya dalam menjalani hidup sendiri membuatnya tidak bergantung pada siapapun. Wanita perlu belajar mengandalkan dirinya sendiri, sehingga saat diguncang masalah, diri kerap terbiasa menghadapinya.

Sedikit tekanan sosial

Walaupun wanita tidak memiliki tekanan sosial untuk bekerja dan lainnya, namun menjadi wanita mandiri cenderung bisa diandalkan. Karena orang akan beranggapan Anda adalah seseorang yang kuat dan tidak bergantung.

Sehingga mengurangi cemoohan orang yang kadang melabeli wanita adalah sosok yang manja. Hal ini juga erat kaitannya saat Anda telah atau ingin membangun rumah tangga.