Jangan Anggap Remeh! 5 Aktivitas Ini Sepele, tapi Manfaatnya Positif
Ilustrasi aktivitas sepele (Unsplash/Samuele Giglio)

Bagikan:

JAKARTA – Aktivitas saat mati gaya, misalnya mengunyah permen karet atau mengetuk meja dengan jari-jari tangan, ternyata manfaatnya tidak sesepele yang dibayangkan.

Berdasarkan penelitian ilmiah, aktivias remeh-temeh ini berefek positif ketika dilakukan.

Apa saja aktivitas remeh yang manfaatnya positif untuk kesehatan mental maupun fisik?

Mengunyah permen karet

ilustrasi aktivitas sepele
Ilustrasi mengunyah permen karet (Unsplash/Thought Catalog)

Mengunyah permen karet mungkin hanya dilakukan sehabis makan siang di kantor. Alasannya sangat diketahui secara umum, yaitu untuk menyegarkan aroma mulut.

Melansir dari SelectHealth, ada beberapa manfaat dari aktivitas yang dianggap sepele ini.

Pertama, pernah diteliti oleh University of Liverpool. Bahwa mengunyah permen karet mengurangi hasrat makan. Rata-rata pengunyah permen karet mengkonsumsi 36 kalori lebih sedikit daripada yang tidak mengunyah permen karet.

The American Dental Association juga menemukan bahwa permen karet bisa mencegah gigi berlubang.

Profesor Andrew Sholey menemukan bahwa mudah lupa mendapat peningkatan memori 35 persen dengan mengunyah permen karet. Namun hati-hati, mengunyah terlalu lama justru memperpendek ingatan.

Belum lagi sejumlah penelitian yang menemukan bahwa permen karet bisa menyembuhkan migrain, membuat lebih rileks, dan mengencangkan tulang dagu.

Berantakan

aktivitas sepele
Ilustrasi ruangan berantakan (Unsplash/Devon Janse van Rensburg)

Meski kondisi berantakan tak terlihat estetis, kreativitas justru tersembunyi di sana. Penelitian yang dilakukan oleh Kathleen Vons dan rekan-rekannya dari Fakultas Manajemen Universitas Minnesota Carlson, hasilnya bahwa orang yang berada di ruang berantakan menghasilkan ide-ide kreatif.

Studi lainnya dari American Psychological Association menunjukkan bahwa orang-orang yang ruangannya berantakan bisa menemukan solusi yang rapi dan bisa disajikan dengan lebih kreatif.

Bersendawa

aktivitas sepele
Ilustrasi mulut (Unsplash/Erich Muhr)

 

Sering mulas padahal sudah makan teratur dan menu yang tepat? Cobalah cari cara untuk bersendawa. Mungkin dinilai tidak sopan jika bersendawa di depan orang banyak. Tetapi, bersendawa adalah aktivitas mengeluarkan gas yang tidak berguna dari dalam perut. Ini membantu kesehatan lambung jadi lebih baik.

Main gim

aktivitas sepele
Ilustrasi main gim (Unsplash/Screen Post)

Jika sering mencuri-curi waktu untuk main gim, Anda tidak keliru. Bermain gim membuat seseorang terbiasa cepat mengambil keputusan dengan benar.  Terlebih memainkan gim strategi dan teka-teki yang mampu meningkatkan kemampuan otak.

Namun, terlalu banyak main gim berdasarkan artikel ilmiah yang ditemukan di US National Library of Medicine National Institutes of Health, kebanyakan berdampak negatif.

Artinya, mengelola waktu termasuk yang dialokasikan untuk bermain gim jadi hal penting yang perlu dilakukan.  

Menggerakkan jari

aktivitas sepele
Ilustrasi jari tangan (Unsplash/Shali)

 

Melakukan gerakan-gerakan kecil akan memperlancar peredaran tubuh. Terlebih jari-jemari yang sering luput atau dianggap nomor selanjutnya setelah kaki dan leher. Gerakan-gerakan kecil juga dapat menghasilkan hormon bahagia. Yang biasanya dilakukan tanpa sadar saat merasa cemas ini perlu disadari manfaatnya.