Makin Banyak Turis Asing Berulah, Ibnu Jamil Berharap Wisata Bali Tetap <i>Rock and Roll</i>
Ibnu Jamil (Ivan Two Putra/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Artis Ibnu Jamil turut membagikan pendapatnya terhadap kelakuan warga negara asing (WNA) di Bali yang belakangan banyak disorot oleh publik.

Suami dari Ririn Ekawati itu merasa jika memang benar apa yang dituduhkan, bahwa banyak WNA yang meresahkan, seharusnya bisa dikaji kembali.

“Kalau WNA-nya lebih meresahkan, itu kan pasti ada datanya ya. Kalau datanya menunjukkan lebih besar dampak buruknya dan banyak pelanggarannya ya harus direview,” kata Ibnu Jamil saat ditemui di Senayan Park, Jakarta Pusat pekan lalu.

Aktor sekaligus presenter 40 tahun itu mengatakan jika dirinya mendukung adanya keputusan yang berpihak pada pariwisata yang lebih baik dan aman.

“Jadi, setuju atau enggaknya, gua lebih berpihak gimana caranya supaya industri pariwisata kita tetap aman, tetap bagus. Jangan sampai salah ambil keputusan, nanti tiba-tiba turisnya turun,” ujarnya.

Ibnu pun menyerahkan keputusan terhadap kelakuan WNA di Bali yang banyak disorot publik kepada pihak-pihak yang memang sudah diberi tanggung jawab untuk menanganinya.

“Gua yakin lah, yang ambil keputusan itu punya data yang cukup buat menganalisa. Jadi gue percayakan ke mereka semua,” ucap Ibnu.

Namun, Ibnu tak menampik jika memang ada beberapa turis mancanegara yang kerap berkelakuan tak lazim di Bali. Meski begitu, ia melihat bahwa hal tersebut lah yang menjadi ciri khas pariwisata Bali belakangan ini.

“Sebenarnya, karena 'that's Bali', ya rock n roll-nya harus tetap ada, kalau menurut gue ya. Tapi kan rock n roll-nya seperti apa dulu. Parameter rock n roll tiap orang itu besa-beda, buat pemerintah sama anak muda pasti beda,” pungkasnya.