<i>Road Trip</i> Jadi Pilihan Liburan di Masa Pandemi
Road trip (Rudy and Peter Skitterians - Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Perjalanan menggunakan kendaraan pribadi atau dikenal dengan istilah road trip bisa jadi ide liburan seru di kala pandemi. 

Liburan dengan mobil pribadi serta pergi bersama orang yang tinggal serumah akan meminimalisir kontak dengan orang lain seperti saat harus naik kendaraan umum seperti kereta dan pesawat. 

Meski demikian, tetaplah waspada dan mematuhi protokol kesehatan. Sebab, rasanya tak mungkin Anda sama sekali tidak ada kontak dengan orang lain, misalnya saat mengisi bahan bakar, makan di restoran, dan tinggal di penginapan. 

Bila sudah mantap memutuskan untuk mencoba road trip, berikut hal-hal yang harus disiapkan demi keamanan dan kenyamanan selama perjalanan. 

Cek kondisi kendaraan

Pertama-tama yang bisa dilakukan adalah memeriksa kondisi kendaraan. Mulai dari pemeriksaan terhadap oli, rem, transisi, tekanan ban, dan fungsi wiper. 

Terutama bila mobil jarang dipakai, cobalah berkendara secara rutin sebelum berangkat untuk memeriksa secara langsung apakah ada masalah.

Membuat rencana perjalanan 

Meski road trip biasanya lebih santai dan fleksibel, rencana perjalanan tetap dibutuhkan. Ini bisa jadi acuan rute berkendara agar tak bingung di perjalanan. 

Dari awal, tentukan destinasi tujuan Anda, apakah akan berakhir di satu kota atau malah ingin terus berkeliling? 

Setelah menentukan, jangan lupa pikirkan kapan dan di mana Anda akan beristirahat. Tentukan juga batasan berkendara per hari bila perlu agar seimbang dengan waktu berwisata dan istirahat. 

BACA JUGA:


Berkemas dengan baik

Meski banyak ruang dalam mobil pribadi untuk membawa banyak barang, tetaplah mengemas barang penting saja.

Tak perlu menambahkan barang-barang yang sekiranya tak bakal digunakan selama perjalanan atau liburan karena hanya akan menambah beban kendaraan. 

Kemasi semua barang dengan rapi dan tertata. Simpan barang-barang yang tak dipakai di perjalanan di dalam bagasi. Sedangkan untuk barang-barang yang mungkin akan berguna bisa disimpan di bagian tengah mobil. 

Membawa obat-obatan dan perlengkapan kebersihan 

Selama road trip, pastikan Anda membawa obat-obatan seperti obat sakit perut, obat sakit kepala, obat demam dan flu, serta obat-obatan lain yang biasa dikonsumsi. Bisa juga membawa vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh. 

Selain itu, tak lupa membawa perlengkapan kebersihan mulai dari tisu kering, tisu basah, hand sanitizer, sabun cuci tangan kemasan kecil, dan perlengkapan mandi. 

Makanan dan minuman 

Jangan lupa sediakan makanan dan minuman untuk menemani perjalanan Anda. Pilihan makanan yang cocok dibawa saat road trip antara lain aneka roti, kukis, keripik, dan mi instan dalam kemasan bila tiba-tiba kelaparan di tengah perjalanan. 

Untuk minuman, ada baiknya membawa termos isi air hangat untuk menyeduh minuman atau bahkan mi instan. Anda juga perlu membawa air mineral cukup banyak ditambah dengan stok minuman segar seperti jus buah kemasan yang ampuh hilangkan mual selama perjalanan darat.