Sulit  Bikin Album Baru, John Dolmayan Sebut Serj Tankian Sudah Lama Ingin Hengkang dari System Of A Down
System Of A Down (Instagram @systemofadown)

Bagikan:

JAKARTA - Drumer System Of A Down (SOAD), John Dolmayan kembali berbicara soal sulitnya untuk merekam tindak lanjut dari album Mezmerize dan Hypnotize, yang dirilis pada 2005.

SOAD melakukan tur sesekali sejak mengakhiri jeda pada tahun 2011, tetapi hanya berhasil merekam dua lagu dalam 18 tahun terakhir, Protect The Land dan Genocidal Humanoidz.

Dirilis pada November 2020, lagu tersebut dilatarbelakangi oleh konflik antara Artsakh dan Azerbaijan. Semua hasil penjualan digital dua lagu tersebut didonasikan untuk mendukung aksi kemanusiaan di negara leluhur SOAD, Armenia.

Bersama dengan donasi lain dari penggemar di laman media sosial mereka, SOAD berhasil mengumpulkan lebih dari 600 ribu dola AS.

Saat tampil dalam Battleline Podcast, Dolmayan membahas ketidakmampuan SOAD untuk menghasilkan lebih banyak musik baru.

"Serj [Tankian, vokalsi SOAD] sudah lama ingin hengkang dari band ini. Dan sejujurnya, kami mungkin harus berpisah sekitar tahun 2006. Kami mencoba berkumpul beberapa kali untuk membuat album, tetapi ada aturan tertentu yang dibuat yang membuatnya sulit untuk melakukannya dan menjaga integritas dari apa yang diperjuangkan SOAD," kata Dolmayan dikutip dari Blabbermoith, Rabu.

"Jadi, kami tidak bisa benar-benar bersatu dan setuju. Dan sebagian dari itu adalah kesalahan Serj, dan sebagian lagi adalah kesalahan saya, dan Shavo [Odadjian, bassis], Daron [Malakian, gitaris] juga. Tetapi pada akhirnya, jika Anda memiliki mayoritas dari band yang berpikir satu arah dan satu orang memikirkan yang lain, sangat sulit untuk berkumpul dan membuat musik menganggap orang itu penting."

Dolmayan melanjutkan, setiap anggota SOAD sangat penting untuk menghasilkan sound khas band. Dan pendengar akan tahu itu dengan mendengarkan proyek sampingan siapa pun di mana mereka tidak pernah sebagus di SOAD.

"Nyatanya, saya pikir banyak dari mereka yang tidak bagus sama sekali. Dan ketika Anda membandingkannya dengan apa yang kami lakukan bersama sebagai SOAD, Anda memahami mengapa tim itu penting dan memiliki bakat-bakat tertentu yang bersatu dan menggabungkan materi dan hal ajaib. Itulah yang penting."