5 Negara Termuda di Dunia, dari Sudan Selatan hingga Timor Leste
Ilustrasi (guvo59/Pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Negara didefinisikan sebagai sebuah wilayah merdeka yang telah mendapatkan pengakuan dari negara lain serta memiliki kedaulatan. Beberapa negara telah berdiri ribuan tahun lalu, akan tetapi, ada juga negara yang baru merdeka beberapa tahun belakangan ini. Negara yang baru saja berdaulat masuk dalam jajaran negara termuda dunia, mengingat kedaulatannya baru diraih pada dekade 1990-an dan 200-an.

7 Negara Termuda di Dunia

Asal tau saja, saat ini, ada 195 negara di seluruh dunia yang diakui PBB secara resmi dan juga telah terdaftar keanggotaannya di United Nations (Perserikatan Bangsa-Bangsa/PBB).

Dikutip VOI dari World Atlas, Sabtu, 3 Desember 2022, berikut daftar 7 negara termuda di dunia:

  1. Sudan Selatan

Predikat negara termuda di dunia dipegang oleh Sudan Selatan. Negara ini resmi berdiri pada 9 Juli 2011.

Sudan Selatan memiliki luas area seluas 619.745 kilometer persegi dengan populasi sekitar 13,7 juta jiwa pada tahun 2021.

Negara Sudan Selatan berdiri setelah puluhan tahun berkonflik dengan Sudan. Kendati sudah dianggap berdaulat, konflik antara Sudan dan Sudan Selatan masih terus berlangsung.

Sedikitnya 300 ribu orang tewas akibat perang saudara yang terjadi sejak 2012 silam.

  1. Kosovo

Negara yang terletak di Semenanjung Balkan, Eropa Tenggara ini resmi berdiri pada Februari 2008.

Kosovo memiliki luas area 10.887 kilometer persegi dengan populasi lebih dari 1,873 juta jiwa pada 2020.

Kemerdekaan Kosovo dari Serbia diperdebatkan dan hanya diakui secara resmi oleh 110 dari 193 negara anggota PBB.

Sekedar informasi, Kosovo dulunya dianggap sebagai wilayah politik yang terpisah di bawah kekaisaran Ottoman. Akan tetapi, ketika kekaisaran itu jatuh pada 1913, Kosovo terbagi menjadi dua, yakni Montenegro dan Serbia.

Saat Perang Dunia I berakhir, negara ini menjadi bagian dari Yugoslavia dan dianggap sebagai wilayah otonom.

  1. Montenegro
Ilustrasi Montenegro
Ilustrasi Montenegro (pixelRaw/Pixabay)

Sama halnya dengan Kosovo, Montenegro juga berada di Semanjung Balkan, Eropa Tenggara.

Setelah Yugoslovia bubar pada 1992, Montenegro bergabung dengan Serbia dan membentuk Republik Federal Yugoslavia. Namun, republik tersebut tidak diakui oleh PBB.

Pada 2003, Republik Federal Yugoslavia berubah nama menjadi Serbia dan Montenegro. Pada 23 Mei 2006, Montenegro dipisahkan dari Serbia melalui referendum. Meski begitu, Montenegro baru mendeklarasikan kemerdekaannya pada 3 Juni 2006 dan telah diakui secara resmi oleh Uni Eropa serta telah menjadi anggota tetap PBB.

  1. Serbia

Negara Republik Serbia baru dideklarasikan pada 21 Mei 2006. Negara ini berdiri di atas area seluas 88.361 kilometer persegi. Akan tetapi, luas wilayah Serbia masih diperdepatkan karena negara ini tidak mengakui kemerdekaan Kosovo.

  1. Timor Leste

Timor Leste adalah negara yang berbatasan langsung dengan Indonesia. Negara ini memiliki luas area 15.007 kilometer persegi dengan populasi penduduk mencapai 1,318 juta jiwa pada 2020.

Timor Leste resmi menjadi negara baru pada 20 Mei 2002. Negara ini mempunyai sejarah panjang penjajahan oleh bangsa lain, antara tahun 1500-an hingga 1975. Kala itu, Timor Leste berada di bawah kekuasaan Portugal.

Setelah Portugal angkat kaki, Indonesia mengakui Timor Leste sebagai provinsi ke-27.

Demikian informasi seputar 5 negara termuda di dunia. Untuk mendapatkan berita up to date, simak terus VOI.id