Profil Indra Falatehan Dirut Terbaru Bank Muamalat dan Strategi Perusahaan di 2023?
Profil Indra Falatehan (Instagram/@mdkahmidepok)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Indra Falatehan resmi menjadi Direktur Utama Bank Mualamat, setelah ditunjuk langsung oleh Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) sebagai pemagang saham terbesarnya. Pemilihan Indra Falatehan menjadi dirut dilakukan dalam rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) di Jakarta pada Selasa 29 November 2022.

Indra Falatehan sendiri sudah punya beberapa pengalaman karier memegang struktur tertinggi di perbankan nasional yang berbasis syariah. Sebelum diangkat sebagai Dirut Bank Mualamat, Indra Falatehan menjabat sebagai Direktur Utama PT Bank KB Bukopin Syariah pada 2022 lalu. Indra juga pernah mengembang posisi Direktur Utama di PT BJB Syariah.  

Sebelum digantikan oleh Indra Falatehan, Dirut Bank Mualamat dijabat oleh Achmad Kusna Permana. Kemudian RUPSLB menyepakati dipilihnya Indra menempati posisi dirut. Selain itu, pemegang saham juga menunjuk Suhendar dan Wahyu Avianto masing-masing sebagai direktur perseroan yang baru. 

Profil Indra Falatehan

Indra Falatehan, Dirut terbaru Bank Muamalat, merupakan lulusan S2 Magister Manajemen di Universitas Indonesia (UI). Namun tak ada yang menyangka jika pendidikan jenjang S1 atau sarjananya justru di luar bidang bisnis atau perbankan. Indra merupakan lulusan Sarjana Teknik Jurusan Gas dan Petrokimia di UI. 

Indra Falatehan telah lama menjalani karier di bidang perbankan dan ekonomi. Indra juga sudah pernah beberapa kali memegang jabatan tinggi di perusahaan perbankan. Sebelumnya, Indra pernah mendapat kepercayaan untuk memegang jabatan Direktur Utama Bank BJB Syariah. Di perusahaan ini, ia juga pernah menduduki posisi Direktur Pembiayaan dan Direktur Keuangan Bank BJB Syariah. 

Indra Falatehan juga pernah mengemban jabatan sebagai group head corporate banking Bank Syariah Mandiri. Lalu, pada Oktober 2022, Indra memegang jabatan Direktur Utama PT Bank KB Bukopin Syariah. 

Susuan Kepengurusan Direksi PT Bank Mualamat

Direksi

Direktur Utama : Indra Falatehan

Direktur Kepatuhan : Karno

Direktur : Hery Syafril

Direktur : Suhendar

Direktur : Wahyu Avianto

Dewan Pengawas Syariah

Ketua : Sholahudin Al Aiyub

Anggota : Siti Haniatunnissa

Anggota : Agung Danarto

Dewan Komisaris

Komisaris Utama/Komisaris Independen: Mardiasmo

Komisaris Independen : Suwarta

Komisaris Independen : Sartono

Komisaris Independen : Amin Said Husni

Komisaris : Andre Mirza Hartawan

Strategi Bisnis Bank Muamalat 2023

Bank Muamalat telah menyiapkan sejumlah strategi perusahaan dalam menjalankan bisnis di tahun 2023. Beberapa strategi yang akan dilakukan, yaitu listing di Bursa Efek Indonesia (BEI), pertumbuhan pembiayaan dan pendanaan, pengembangan dan perubahan jaringan kantor serta pengembangan organisasi dan sumber daya manusia.

Bank Muamalat juga terus berkomitmen memberikan pelayanan dalam solusi keuangan syariah. Bank Muamalat sudah didukung dengan fitur digital banking, yakni sistem perbankan berbasis digital atau internet. Selain itu, platform yang sudah ada juga terus ditingkatkan, dalam hal penghimpunan dana dan transaksi nasabah, meningkatkan digitalisasi penyelenggaraan haji dan umrah.

Demikianlah profil Indra Falatehan yang sekarang menjabat sebagai Direktur Umum Bank Muamalat. Bersama Bank Muamalat, Indra akan menjalankan pelayanan keuangan yang sejalan dengan Kepala Badan Pelaksana Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) selaku Pemegang Sajam Pengendali (PSP).

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.