Berkenalan dengan Daun Mint dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh
Ilustrasi (Sohel Patel/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Siapa yang tidak kenal dengan daun mint? Daun mungil dengan sejuta manfaat ini mudah ditemukan di mana saja. Sabun-sabunan, pasta gigi, parfum, hingga makanan hanyalah beberapa contoh kegunaan mint di kehidupan sehari-hari.

Daun mint (latin: mentha) adalah daun herba dari keluarga Lamiaceae. Tanaman ini dapat tumbuh di cuaca hangat di bawah sinar matahari. Rasanya yang segar, manis dan dingin adalah ciri khas mint yang membuatnya digemari khalayak.

Tak hanya memiliki kegunaan di kehidupan sehari-hari, mint juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh seperti yang dilansir dari Healthline, Jumat, 25 Februari berikut:

Kaya Nutrisi

Meskipun biasanya tidak dikonsumsi dalam jumlah banyak, mint memang mengandung cukup banyak nutrisi. Faktanya, kurang dari 1/3 cangkir atau setengah ons (14 gram) spearmint mengandung 6 kalori, 1 gram serat, 12 persen vitamin A, 9 persen zat besi, 8 persen mangan, 4 persen folat.

Selain itu, mint juga sumber vitamin A yang baik, sehingga penting untuk kesehatan mata dan mencegah rabun senja. Daun mint merupakan sumber antioksidan yang kuat, jika dibandingkan dengan bumbu dan rempah lainnya. Antioksidan membantu melindungi tubuh Anda dari stres oksidatif, sejenis kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas.

Mengatasi Masalah Pencernaan

Masalah pencernaan seperti sakit perut, diare, dan kembung bisa diatasi dengan daun mint. Penelitian mengungkapkan bahwa konsumsi peppermint oil sebagai obat herbal mengatasi masalah pencernaan. Minyak peppermint mengandung senyawa mentol, yang diduga membantu meringankan gejala masalah pencernaan dengan memberikan efek relaksasi pada otot saluran pencernaan.

Meningkatkan Fungsi Otak

Selain konsumsi daun mint, penelitian membuktikan bahwa menghirup aroma minyak atsiri dari tanaman ini dapat memberikan manfaat kesehatan, termasuk meningkatkan fungsi otak. Satu studi yang melibatkan 144 orang dewasa menunjukkan bahwa mencium aroma minyak peppermint selama lima menit sebelum pengujian menghasilkan peningkatan memori yang signifikan. Studi lain menemukan bahwa mencium minyak ini saat mengemudi meningkatkan kewaspadaan dan menurunkan tingkat stres, kecemasan, dan kelelahan.

Meredakan Nyeri Menyusui

Lecet pada puting biasa dialami ibu menyusui. Hal ini bisa membuat proses mengasihi terasa sulit dan sakit. Penelitian telah menunjukkan bahwa mengoleskan minyak mint ke kulit dapat membantu menghilangkan rasa sakit yang terkait dengan menyusui.

Mengurangi Gejala Flu

Banyak orang percaya mentol adalah dekongestan hidung yang efektif menghilangkan hidung tersumbat dan meningkatkan aliran udara dan pernapasan. Namun, beberapa penelitian menunjukkan bahwa mentol tidak memiliki fungsi dekongestan.

Meski begitu, penelitian juga menunjukkan bahwa mentol secara subyektif dapat meningkatkan pernapasan hidung saat mengalami flu. Artinya, meski mint tidak berfungsi sebagai dekongestan, mint dapat membuat pernapasan hidung lebih mudah.