3 Cara Sederhana Membersihkan Vas Bunga Kaca yang Keruh
Ilustrasi (Ylanite Koppens/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Untuk mempercantik interior rumah, selain meletakkan bunga hias dalam pot orang juga cenderung meletakkan beberapa potongan bunga ke dalam vas kaca. Biasanya, setelah beberapa hari air dalam vas perlu diganti agar bunga tetap segar. Namun, kebersihan vas bunga sering diabaikan padahal vas juga dibersihkan secara menyeluruh. Vas bunga kaca yang keruh dengan noda air dan lumut tak hanya mengganggu pemandangan. Namun juga dapat mempengaruhi kualitas dan usia bunga potong. 

Melansir Southern Living, Kamis, 3 November, vas bunga perlu dibersihkan saat Anda mengganti air bunga dan sebelum disimpan di lemari saat tidak digunakan. Ini akan menghilangkan sebagian besar bakteri dan membuat bunga tetap segar lebih lama. Karena bunga sangat sensitif terhadap bahan kimia, Anda perlu membilas semua residu bahan pembersih sebelum meletakkan bunga kembali ke dalam vas.

Berikut cara sederhana membersihkan vas bunga kaca dengan bahan dan alat yang bisa ditemukan di rumah.

Cuka putih dan garam

Jika Anda ingin menghilangkan residu dan noda kapur bekas air di dalam vas bunga, Anda bisa menggunakan cuka putih dan garam. Cara ini adalah cara yang paling mudah dan murah.

  1. Campurkan 1 sendok makan garam dengan cuka dalam mangkuk kecil untuk membuat pasta.
  2. Gosokkan pasta garam dan cuka ke bagian dalam vas menggunakan spons, sikat botol, atau sikat gigi bekas.
  3. Biarkan selama 10 menit sebelum membilas pasta menggunakan air hangat.
  4. Gunakan kain microfiber untuk mengeringkan.

Cuka dan Baking Soda

Baking soda dan cuka sudah dikenal ampuh membersihkan noda dan sebagai antibakteri. Anda bisa menggunakan kedua bahan ini untuk membersihkan noda putih di vas bunga.

  1. Isi vas dengan air hangat, pastikan semua kotoran terendam di dalamnya.
  2. Tambahkan 1 atau 2 sendok makan baking soda, tergantung ukuran vas. Mulailah menuangkan cuka sampai campurannya mendesis. Diamkan sampai desisnya berhenti.
  3. Kosongkan vas dan gunakan spons, sikat botol, atau sikat gigi bekas untuk menghilangkan kotoran yang tersisa.
  4. Bilas dengan air hangat.
  5. Gunakan kain microfiber untuk mengeringkan.

Pemutih

Untuk menyingkirkan bakteri berbahaya di dalam vas Anda bisa membersihkannya dengan cairan pemutih. Sebaiknya hati-hati saat menggunakannya karena dapat bereaksi pada kain dan menyebabkan iritasi kulit. 

  1. Campurkan 1 bagian pemutih dengan 10 bagian air lalu tuang larutan ke dalam vas. Diamkan selama 2 hingga 4 jam Langkah 
  2. Gunakan sikat botol untuk menggosok bagian dalam vas bunga Langkah 
  3. Cuci dengan air sabun sebelum dibilas kembali dengan air bersih

Residu dari deposit mineral dan bakteri akan menumpuk seiring waktu, membuat keruh dalam gas lebih sulit untuk dibersihkan. Mencuci vas bunga kaca yang keruh di mesin pencuci piring juga dapat menyebabkan kaca menjadi keruh karena gesekan panas. Untuk itu, disarankan untuk membersihkan vas Anda dengan tangan untuk membuatnya tetap berkilau.