Bagikan:

YOGYAKARTA - Tokek menjadi hewan melata yang mudah ditemukan di rumah. Sebenarnya hewan itu mirip cicak tapi lebih besar ini tidak menyerang manusia. Namun kehadiran tokek cukup menganggu sebagian orang. Ada beberapa tips atau cara menangkap toket yang bisa dilakukan.

Tokek banyak diburu atau ditangkap karena cukup menganggu dan memiliki wujud yang mengerikan. Tokek memiliki suara yang berisi dan nyaring, yang biasa bunyi pada malam hari. Tubuh tokek memiliki totol warna, kulitnya bersisik, dan matanya besar. Reptil rumahan ini biasanya tinggal di tempat yang gelap dan lembab, seperti belakang lemari, gudang rumah, pohon, dan sejenisnya. 

Ada sebagian orang yang menangkap tokek untuk dijual kembali. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa daging tokek bisa dikonsumsi sebagai makanan karena mengandung berbagai manfaat kesehatan. Konon daging tokek dapat mengatasi berbagai penyakit seperti kanker, asma, alergi kulit, asam urat. Bahkan tokek pun memliki harga jual yang lumayan tinggi.

Cara Menangkap Tokek

Menangkap tokek bagi pemula memang senang mudah. hewan ini memiliki kekuatan yang kuat untuk lari dan ketakutan dari bahaya yang mengancam. Selain itu pergerakkannya juga sangat cepat. Tapi tenang, langkah-langkah menangkap tokek berikut ini bisa anda praktikan. 

Menangkap Tokek Ember 

Cara menangkap tokek yang pertama adalah memakai jebakan atau perangkap. Jebakan bisa anda buat dengan memanfaatkan benda-benda yang ada di rumah. Misalnya menggunakan ember. Namun cara ini lebih cocok untuk menangkap tokek di luar rumah.  

Pertama, gali lubang di tanah sedalam 30 cm. Sebelum ember basah ke dalam lubang, setiap diberi spons basah. Lalu barulah dimasukkan ke lubang. Tutup atas ember menggunakan jala atau jaring yang halus yang lebar melenih diameter ember. Setelah itu, taruhlah umpan agar terjebak terjebak dalam perangkap anda. 

Menggunakan Air Garam

Anda juga bisa menangkap tokek menggunakan garam. Cara melakuka cukup mudah, pertama larutkan galam dalam gelas berisi air. Setelah itu, air garam itu disemprotkan ke tubuh atau wajah tokek. Air garam akan membuat tokek menjadi lemas dan jatuh dari dinding. 

Menggunakan Bambu

Cara lain menangkap tokek adalah menggunakan bambu. Pertama, anda perlu menyiapkan bambu dengan diameter sekitar 10 cm. Lobangi setiap pembatas ruas di dalam batang bambu sebagai jalan bagi tokek. Lalu salah satu sisi bambu ditutup memakai triplek atau kardus. Sisi yang dibiarkan terbuka. Anda tinggal meletakkan bambu di tempat-tempat yang biasa dilewati tokek. 

Menggunakan Tembakau

Belum banyak yang tahu jika tembakau bisa diguankan sebagai alat untuk menangkap tokek. Tokek tidak menyukai aroma tembakau karena bisa membuat tokek mabuk atau pusing.

Cara menangkap tokek memakai tembakau cukup mudah. Pertama remaslah tembakau sampai membentuk biji-bijian. Remasan tersebut kemudian ditaruh di tempat yang dilewati tokek. Anda bisa menyatukan tempat-tempat tersebut untuk melihat tokek yang lemas dan bisa segera ditangkap. 

Itulah beberapa cara menangkap tokek yang biasa Anda lakukan. Selain menggunakan beberapa benda di atas, anda juga bisa menangkap hewan ini memakai lem tikus atau getah nangka. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.