Deepspot, Kolam Paling Dalam yang Bisa Diselami Para <i>Freediver</i>
Seorang penyelam di Deepspot (Instagram/@deepspotpoland)

Bagikan:

JAKARTA - Kolam renang paling dalam di dunia telah dibuka di Mszczonow, sebuah kota dekat Warsawa, Polandia. Pembukaan dilakukan Sabtu, 21 November.

Kolam renang yang disebut 'Deepspot' memiliki kedalaman 45,4 meter dan berisi delapan ribu meter kubik air. Ukuran itu 20 kali melebihi volume kolam standar yang biasanya 25 meter.

Tidak seperti kolam renang biasa. Kompleks Deepspot dapat menampung pelanggan selama pandemi COVID-19 karena dianggap sebagai pusat pelatihan penyelam. Di bawah air, Deepspot menampilkan reproduksi gua bawah air dan reruntuhan Maya serta bangkai kapal kecil yang dapat dijelajahi.

"Tidak ada ikan atau terumbu karang yang indah di sini, jadi ini bukan pengganti laut. Tapi ini benar-benar tempat yang bagus untuk belajar dan berlatih agar bisa menyelam dengan aman," kata Przemyslaw Kacprzak, instruktur selam berusia 39 tahun, dikutip Euronews, Senin, 23 November.

"Dan itu lucu! Ini seperti taman kanak-kanak untuk penyelam!" dia menambahkan.

Kolam renang juga akan digunakan oleh petugas pemadam kebakaran dan tentara. Pembangunan berlangsung selama dua tahun dan menelan biaya 40 juta zlotys (€8,9 juta). Sekitar lima ribu meter kubik beton digunakan.

Terlepas dari ukurannya yang sangat besar, Deepspot akan segera kehilangan mahkotanya karena kolam renang baru sedalam 50 meter, yang disebut 'Abyss' akan dibuka di Merseyside, Inggris, pada tahun 2021.