15 Seserahan Pernikahan Adat Jawa yang Sering Dipakai Lengkap dengan Maknanya
Ilustrasi pernikahan adat Jawa (Fahmi Ramadhan on Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Seserahan pernikahan adat Jawa jadi hal yang cukup penting dalam tradisi. Tidak hanya sekadar pelengkap, seserahan dalam kebudayaan kejawen memiliki makna filosofisnya sendiri.

Seserahan Pernikahan Adat Jawa

Masing-masing daerah di Jawa memang memiliki beragam seserahan, namun ada seserahan sering dipakai. Adapun daftar seserahan dalam kejawen adalah sebagai berikut.

  1. Seperangkat alat salat

Mayoritas masyarakat Jawa memeluk agama Islam, sehingga wajar dalam tradisi pernikahan Jawa salah satu seserahannya adalah seperangkat alat salat.

Filosofi seserahan ini adalah suami bertanggung jawab membimbing istri agar makin taat kepada Allah dengan rajin salat dan mengaji.

  1. Emas atau perhiasan

Dalam tradisi Jawa, mempelai pria biasanya memberikan emas atau perhiasan lain sebagai seserahan. Namun perhiasan dan logam mulia yang diberikan menyesuaikan dengan kemampuan pria.

Makna filosofis emas dan perhiasan adalah sebagai simbol bahwa seorang istri memiliki nilai yang besar, bahkan melebihi nilai perhiasan yang diberikan.

  1. Gaun atau batik

Batik adalah salah satu produk kebudayaan Jawa yang sarat akan nilai moral. Memberikan pakaian atau batik kepada mempelai wanita berarti memberikan pesan untuk saling menutupi aib yang dimiliki masing-masing mempelai.

  1. Alas kaki

Seserahan alas kaki bisa berupa sandal atau sepatu. Konon seserahan ini menyimbolkan agar kedua mempelai bisa melangkah bersama dan saling mengingatkan saat langkah mereka menuju hal yang tidak baik.

  1. Kebutuhan perawatan

Di masa lalu, kebutuhan perawatan bisa berupa sisir, sabun, bahkan rempah. Namun di masa kini bisa digantikan dengan skincare atau makeup. Seserahan ini diartikan bahwa seorang istri juga harus tampil cantik dan sopan di mata suami dan orang lain.

  1. Hasil bumi

Seserahan hasil bumi bisa berupa beras, buah-buahan, atau umbi-umbian. Hasil bumi mengingatkan bahwa manusia harus menghargai alam dan ikut merawat bumi dengan baik. Selain itu juga sebagai wujud rasa syukur terhadap rezeki.

  1. Kue tradisional

Seserahan ini cukup unik dan sangat khas dalam budaya Jawa. Kue tradisional yang diserahkan biasanya terbuat dari ketan dengan warna yang beragam. Kue tradisional dari ketan bermakna meskipun pria dan wanita punya perbedaan, diharapkan bisa bersatu dan lengket hingga maut memisahkan.

  1. Daun Suruh Ayu

Mungkin saat ini tak ada wanita yang memanfaatkan suruh untuk “nginang”, namun daun ini harus ada dalam seserahan. Daun sirih disimbolkan sebagai doa baik yang dimulai dari hati yang baik.

  1. Cincin

Meski termasuk dalam perhiasan, namun cincin jadi seserahan yang harus disendirikan. Pasalnya, cincin menyimbolkan sebagai sesuatu yang mengikat antara mempelai pria dan wanita.

  1. Bunga

Wujud seserahan bunga biasanya berbentuk rangkaian yang harum dan indah. Bunga menyimbolkan kasih sayang dan ketulusan dari mempelai pria.

  1. Ayam Jawa Jantan

Mempelai pria biasanya juga memberikan ayam sebagai bagian dari seserahan mereka. Ayam menyimbolkan pengorbanan pria yang begitu besar sekaligus ketulusan mereka atas pinangan terhadap mempelai wanita. Selain itu seserahan ini juga menyimbolkan kejantanan.

  1. Pisang Raja

Mempelai pria biasnya membawa pisang raja satu sisir atau satu tangkup kepada mempelai wanita. Pisang ini menyimbolkan doa baik karena bentuk pisang satu tangkup seperti tangan yang tengah berdoa kepada Tuhan.

  1. Anyaman Janur

Anda tentu sering melihat anyaman janur dalam pernikahan Jawa. Dalam seserahan, janur juga kerap diikutsertakan. Anyaman janur bermakna agar mengingatkan kedua calon mempelai kepada Maha Suci pencipta dunia hingga surga dan neraka. Sedangkan warna kuning pada janur bermakna semua harus diniatkan kepada dan untuk Allah SWT.

  1. Uang

Berbeda dengan perhiasan, uang pada seserahan bermakna bahwa kelak suami bertanggung jawab menafkahi istri dan anak-anak serta mencukup kebutuhan keluarganya.

  1. Cermin

Seserahan yang berupa cermin memang jarang ada, namun ada beberapa masyarakat yang memberikan cermin sebagai seserahan. Simbol cermin adalah agar kedua mempelai selalu introspeksi diri dalam berumah tangga.

Itulah beberapa daftar seserahan pernikahan adat Jawa yang bisa jadi referensi untuk Anda. Untuk mendapatkan informasi menarik lain, kunjungi VOI.ID.