Gagah dengan Baju Adat Bangka Belitung, Jokowi Tampilkan Simbol Akulturasi Budaya
Presiden Jokowi bersama Ibu Negara Iriana Widodo tiba di kompleks parlemen/tangkapan layar Youtube DPR RI

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) tiba di Gedung DPR RI untuk mengikuti Sidang Tahunan MPR RI, Sidang Bersama DPR RI - DPD RI, Rapat Paripurna DPR RI, pada Selasa, 16 Agustus. Jokowi tiba sekitar pukul 08.58 WIB dengan mengenakan pakaian adat Bangka Belitung bernuansa hijau. Jokowi juga mengenakan masker coklat, sedangkan istrinya Iriana Jokowi mengenakan kebaya dominan merah muda.

Untuk diketahui, tamu undangan akan hadir 100 persen secara fisik. Tamu istimewa yang akan hadir di antaranya para mantan Presiden, Wakil Presiden dan juga ketua umum partai politik, duta besar, dan 103 perwakilan negara asing.

Sekretaris Jenderal DPR RI Indra IskandarIndra menjelaskan, pada Sidang Tahunan 2022 ini, selain akan tetap melaksanakan protokol kesehatan yang ketat, pihaknya juga bekerjasama dengan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) dengan menerapkan protap khusus untuk menjaga keamanan dan kelancaran selama sidang ini berlangsung.

Pakaian adat Bangka Belitung merupakan pakaian adat khas yang digunakan masyarakat Bangka Belitung dengan perpaduan 2 budaya yakni Arab dan Tionghoa.

Seorang saudagar Arab pada mulanya berdagang di daerah Bangka Belitung. Bangka Belitung pada zaman dahulu memang dikenal sebagai tempat untuk bertransaksi perdagangan yang sangat strategis.

Pakaian adat Bangka Belitung tetap dipadukan dengan corak atau motif dari kebudayaan setempat, yaitu berupa budaya Bangka Belitung meskipun menggunakan akulturasi budaya Arab dan Tionghoa.

Kebiasaan memakai pakaian adat saat menghadiri sidang tahunan MPR sudah menjadi kebiasaan Jokowi setiap tahunnya. Pada 2017 Jokowi mengenakan pakaian adat Bugis berupa setelan adat lengkap dengan songkok warna emas atau bernama songkok Ta Bone. Kemudian pada 2019 kepala negara mengenakan busana adat Sasak asal Nusa Tenggara Barat (NTB).

Lalu pada 2020 presiden mengenakan pakaian adat Sabu Raijua asal Nusa Tenggara Timur (NTT). Pada 2021, Jokowi menghadiri sidang tahunan MPR RI Tahun 2021 dengan menggunakan pakaian adat urang Kanakes dari suku Badui.