Hadiri Sidang Tahunan, Wapres Ma'ruf Amin Kenakan Baju Adat Mandar
Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin menghadiri sidang tahunan (foto: dokumentasi Sidang Tahunan MPR/DPR/DPD)

Bagikan:

JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma'ruf Amin menghadiri Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR dan DPD Tahun 2021 di Ruang Rapat Paripurna, Gedung Nusantara MPR/DPR/DPD, Senin, 16 Agustus, pagi.

Wapres tampak mengenakan pakaian adat Suku Mandar asal Sulawesi Barat. Alasan filosofis bahwa pria Mandar harus gesit dan cekatan dalam bekerja.

Wapres terlihat sederhana dengan perpaduan jas dan celana hitam dengan kain sarung tenun warna merah bercorak khas Mandar yang digunakan sebagai ikat pinggang, serta penutup kepala yang disebut songkok tabone.
 
Hadir bersama Wapres Ma'ruf, Presiden Jokowi juga mengenakan setelan baju dan celana berwarna hitam dengan ikat kepala biru, lengkap dengan tas anyaman. Presiden pada sidang tahunan ini mengenakan baju adat suku Baduy.

 
Pada Sidang Tahunan MPR yang dirangkaikan dengan Sidang Bersama DPR dan DPD, serta diselenggarakan secara daring dan luring dengan protokol kesehatan sangat ketat ini, Wapres akan turut mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia. 

Usai menghadiri sidang ini, di tempat yang sama Wapres juga akan lanjut menghadiri Rapat Paripurna Pembukaan Masa Persidangan I DPR Tahun Sidang 2021 - 2022 untuk mendengarkan Pidato Presiden dalam rangka Penyampaian Keterangan Pemerintah atas RUU Tentang APBN Tahun Anggaran 2022 beserta Nota Keuangannya. 

Selain Pimpinan dan Anggota MPR, DPR, dan DPD serta undangan terbatas lainnya, tampak hadir secara langsung di Ruang Rapat Paripurna Gedung Nusantara, Ketua BPK, Ketua MA, Ketua MK, dan Ketua KY.