5 Buah Wajib Konsumsi Saat Menjalani Diet Keto
Ilustrasi (Trang Doan/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Diet ketogenik, atau diet keto, adalah salah satu jenis diet yang membatasi atau sama sekali tidak mengonsumsi karbohidrat, sedikit protein, dan tinggi lemak. Asupan karbohidrat yang boleh dikonsumsi biasanya hanya sekitar 20-50 gram per hari. Karena itu, ada beberapa makanan tinggi karbohidrat yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi selama menjalani diet ini, termasuk beberapa jenis biji-bijian, sayuran, kacang-kacangan, dan buah-buahan. Namun, beberapa buah-buahan berikut ini termasuk ke dalam buah rendah karbohidrat dan bisa dikonsumsi saat menjalani diet keto. Apa saja? Simak pemaparannya di bawah ini!

Alpukat

Buah alpukat menjadi salah satu buah yang sering dianjurkan dalam program diet ketogenik. Menurut USDA National Nutrient Database, dalam 100 gram buah alpukat mengandung sekitar 8,5 gram karbohidrat dan hampir 7 gram serat. Selain itu, buah alpukat juga menyediakan berbagai nutrisi penting lainnya, seperti vitamin K, folat, vitamin C, dan potasium. 

Semangka

Selain alpukat, buah semangka juga menjadi buah yang dianjurkan untuk dikonsumsi dalam program diet ketogenik. Menurut USDA National Nutrient Database, dalam 152 gram mengandung sekitar 11,5 gram karbohidrat dan 0,5 gram serat. Semangka juga kaya akan berbagai vitamin dan mineral lainnya, termasuk vitamin C, potasium, dan tembaga. Plus, mengandung likopen, yang bertindak sebagai antioksidan untuk mengurangi kerusakan sel dan melawan penyakit. 

Lemon

Buah berikutnya yang baik dikonsumsi selama menjalani diet keto adalah lemon. Dalam satu buah lemon mengandung sekitar 5,5 gram karbohidrat dan 1,5 gram serat. Menurut jurnal yang diterbitkan dalam US National Library of Medicine National Institutes of Health, lemon juga diperkaya pektin, yakni sejenis serat yang dapat membantu menstabilkan kadar gula darah, melawan peradangan, dan memperlambat pertumbuhan sel kanker. Lemon juga mengandung banyak nutrisi lain, seperti vitamin C, potassium, dan vitamin B6. 

Buah Persik

Persik adalah jenis buah yang daging buahnya memiliki rasa manis dan berair. Buah persik mengandung sekitar 14,7 gram karbohidrat dan 2,5 gram serat, sehingga membuat buah ini dapat dikonsumsi selama menjalani diet keto. Selain itu, buah ini juga diperkaya akan mikronutrien penting lainnya, termasuk vitamin C, vitamin A, kalium, dan niacin. 

Belimbing

Buah belimbing adalah jenis buah tropis yang berbentuk bintang dan berasal dari Asia Tenggara. Belimbing adalah pilihan buah yang populer bagi mereka yang melakukan diet ketogenik, karena kandungan karbohidratnya yang rendah. Faktanya, dalam 100 gram belimbing hanya mengandung 7,3 gram karbohidrat dan 3 gram serat. Selain itu, belimbing juga mengandung vitamin C, tembaga, kalium, dan asam pantotenat.