Angkat Isu Kesehatan Mental, Sic Mynded Rilis Ulang Lagu Lama Lewat Racikan Tangan Marcell Siahaan
Sic Mynded (Dok. Sic Mynded)

Bagikan:

JAKARTA - Unit electronic-industrial Sic Mynded melepas single Just Another Day pada 17 Desember 2021. Lagu ini bercerita tentang kesehatan mental dan pencegahan bunuh diri yang diambil dari pengalaman pribadi sang frontman, Oddie Octaviandi.

“Isu mental health menjadi salah satu topik yang banyak dibicarakan di saat pandemi ini dengan terdampaknya banyak orang bukan hanya dari segi ekonomi dan fisik tapi juga psikis atau mental mereka," kata Oddie dalam keterangan resmi yang diterima VOI, Rabu.

Sesungguhnya, Just Another Day merupakan lagu lama yang kali pertama muncul pada 1995 dan bersemayam dalam album debut Sic Mynded. Tapi, kali ini muncul kembali dalam balutan elemen musik dark new wave lewat sentuhan tangan drumer band ini yang juga berperan sebagai produser, Marcell Siahaan.

Tak cuma itu, Just Another Day versi anyar juga diperkarya dengan lapisan bebunyian synth dan kibor dari Adra Karim, licks gitar dari Gatot Alindo serta dijaga groove-nya oleh pemain bass Aldi Pagaruyung.

Ketika berencana untuk membuat ulang lagu Just Another Day, Oddie mengungkap dirinya memutuskan untuk mengganti sebagian besar lirik aslinya yang berbahasa Inggris menjadi bahasa Indonesia. 

Hal tersebut ia lakukan agar cerita tentang pengalamannya menghadapi masalah kesehatan mental dapat lebih mudah tersampaikan.

Just Another Day diharapkan dapat menjadi lagu penutup “era

suram pandemi” dan menyambut tahun baru yang penuh harapan di mana Sic Mynded dan band-band lainnya dapat kembali menjalankan aktivitas berkarya dengan bebas.