Dipha Barus dan Cade Bersatu dalam Lagu <i>Down</i>
Dipha Barus dan Cade (dok. Pribadi)

Bagikan:

JAKARTA - Disjoki (DJ) kenamaan Indonesia, Dipha Barus akan merilis sebuah album mini (EP). Sebagai pembuka, ia mengajak Cade - penyanyi R&B asal Amerika Serikat yang sedang naik daun - untuk berkolaborasi melalui lagu berjudul Down.

Down adalah lagu berkontur house music yang sudah menjadi ranah bermain Dipha Barus. Lagu ini diramaikan oleh suara Cade yang R&B dan terdengar husky sehingga cocok dengan lagu house music seperti ini. Beat yang dihidangkan tidak mendominasi keseluruhan lagu dan membuat Dipha dan Cade memiliki porsi seimbang.

Lagu ini mengungkapkan sudut pandang yang dilakukan saat menghabiskan waktu di tengah keterbatasan seperti sekarang. Tidak perlu mengkhawatirkan apa yang terjadi dan menikmati segalanya saat ini menjadi apa yang Dipha dan CADE ingin berikan melalui lagu Down.

Tantangan sempat terjadi ketika materi musik Dipha hilang begitu saja termasuk lagu Down yang ia kerjakan bersama Cade. Mereka pun merangkai ulang lagu tersebut dari rumah masing-masing. Untungnya lockdown bukan penghalang mereka berkomunikasi apalagi produktif.

Cade pernah tampil di perhelatan We The Fest 2019. Menyaksikan penampilan Cade, Dipha Barus tercetus untuk membuat sebuah kolaborasi. Ia dikenal sering mengirim pesan pribadi melalui Instagram tiap kali ingin mengajak proyek seorang musisi.

Keduanya berasal dari label yang sama sehingga mereka bertemu di Ultra daerah Los Angeles. Saat membuat lagu ini, ia mengingat kembali perjalanannya di California mulai dari Los Angeles hingga Joshua Tree.

“Energi positif kami bersatu di dalam lagu Down,” kata Cade saat konferensi pers virtual yang diikuti VOI, Rabu, 12 Agustus.

Cade juga mengaku terbuka dengan kolaborasi selanjutnya bersama musisi Indonesia. Cade diketahui pernah berduet dengan Cheat Codes dan Breathe Carolina.

Sementara bagi Dipha Barus yang telah bergabung dengan Ultra Records. Lagu ini menjadi pembuka bagi kolaborasinya dengan musisi internasional lainnya.

Sementara itu, album mini Dipha Barus akan berisi 7 hingga 8 lagu yang tengah ia persiapkan. Meskipun begitu ia belum mau membeberkan kolaborasi lain yang akan masuk dalam album mini tersebut.

Merayakan perilisan single Down, sebuah penampilan virtual disiapkan Dipha Barus dan Cade melalui kanal YouTube Dipha Barus pada Minggu, 16 Agustus mendatang pukul 19.30. Sedangkan lagunya bisa didengarkan pada Jumat, 14 Agustus mendatang di seluruh layanan musik digital.