5 Manfaat Rutin Konsumsi Jahe Merah untuk Kesehatan
Ilustrasi (Bluebird Provisions/Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Sebagai wanita, tentu selalu ingin menjaga kesehatan agar tetap fit luar dalam. Berbagai multivitamin khusus wanita pun kerap kita konsumsi agar memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh. Nah, tahukah Anda kalau jahe merah ternyata punya banyak kandungan baik yang sama pentingnya dengan multivitamin? Tahu jugakah Anda kalau sering mengonsumsi jahe merah akan sangat baik bagi kesehatan khususnya dalam hal kecantikan dan kesuburan?

Mau tahu lebih jauh? Yuk, baca lima manfaat air rebusan jahe merah yang wajib Anda ketahui dalam artikel ini. Jika bisa yang organik dan alami, kenapa tidak?

Meningkatkan Fertilitas

Sebagai herbal alami yang berasal dari alam, jahe merah punya kandungan L-arginine yang dapat melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh. Jika sirkulasi darah lancar, maka pasokan oksigen jadi sangat cukup untuk dialirkan pada rahim dan ovarium tempat di mana sel telur diproduksi. Jika segalanya lancar, maka pembuahan lebih mudah terjadi. Anda pun bisa jadi lebih subur karenanya.

Menghambat Penuaan Dini

Tinggi antioksidan, air rebusan jahe merah juga dapat membuat kulit tampak lebih cerah dan bercahaya. Kulit pun jadi tampak cantik, sehat, dan juga awet muda dengan sendirinya. Kenapa bisa demikian? Sebab antioksidan berfungsi untuk menangkal radikal bebas yamg puya pengaruh buruk terhadap kulit terutama kulit wajah. Oleh karena itu, jika radikal bebas tertangkal, maka kerusakan kolagen pada kulit pun bisa dihindari. Kulit pun akan terasa lebih halus, elastis, dan kenyal.

Meredakan Sakit saat Menstruasi

Selain baik untuk kulit dan kesuburan, ternyata jahe merah juga merupakan anti inflamasi yang sangat baik bagi tubuh. Segala jenis peradangan dapat diatasi dengan mengonsumsi air rebusan jahe merah terutama saat sedang haid hari pertama. Untuk Anda yang sering mengalami nyeri haid, maka air rebusan jahe merah bisa Anda minum untuk meminimalisir rasa sakit sehingga perut akan terasa lebih nyaman.

Meredakan Stres

Karena punya aroma yang menangkan dan efek hangat dalam tubuh dan tenggorokan, maka air rebusan jahe, terutama jahe merah, dipercaya bisa meredakan stres pada siapa pun. Tak heran jika setelah spa, seringkali kita diberikan secangkir minuman jahe hangat untuk memberikan efek relaksasi yang sempurna. Atau saat sedang didera tekanan yang luar biasa dari pekerjaan atau berbagai masalah, air rebusan jahe kerap disarankan untuk dihirup dan diteguk selagi hangat supaya pikiran bisa jadi lebih jernih, rileks, dan positif.

Mencegah Kanker

Terakhir, manfaat lainnya dari air rebusan jahe merah adalah untuk mencegah terbentuknya sel-sel kanker dalam tubuh. Meski sel kanker dapat tumbuh kapan saja atau tanpa trigger tertentu, namun setidaknya mengonsumsi segelas air rebusan jahe merah yang kaya antioksidan dapat menjadi satu upaya yang bisa Anda lakukan untuk terhindar dari kanker.