JAKARTA - Manchester City bakal mengakhiri penantian dan bakal merebut posisi puncak klasemen Premier League Inggris. Syaratnya? Man City harus mengalahkan Fulham dalam duel di Stadion Craven Cottage, Sabtu, 11 Mei 2024 malam WIB.

Momen pergantian kekuasaan di Liga Inggris. Man City bakal melakoni laga pertama dari tiga laga terakhir. Sementara, Arsenal yang saat ini menduduki peringkat pertama hanya melakoni dua laga sebelum menutup kompetisi.

Bahkan satu laga yang harus dihadapi The Gunners tak lain melawan Manchester United di Old Trafford, Minggu, 12 Mei 2024 malam WIB. Tanpa perlu memeras keringat, Man City berpeluang meraih titel karena MU bisa menjadi halangan serius Arsenal.

Man City menghadapi Fulham lebih awal karena laga digelar pada lunch time atau siang hari waktu setempat. Man City yang saat ini mengantungi poin 82 hanya terpaut satu poin dengan Arsenal.

Man City yang berstatus juara bertahan ambisi mencetak rekor juara liga empat kali berturut-turut. Saat ini hanya dua tim yang bisa mencetak hattrick juara, Man City dan MU.

Bahkan MU di era manajer Sir Alex Ferguson tercatat dua kali membuat hattrick secara terpisah. Mereka selalu gagal dalam upaya memenangi liga untuk keempat kalinya.

Dalam perseteruan yang berlangsung ketat, Man City tampaknya sudah makin terbiasa dengan tekanan persaingan tersebut. Pasukan Pep Guardiola sukses mengatasi tekanan saat bersaing dengan Liverpool di kompetisi domestik musim 2019 dan 2022.

Musim lalu, The Cityzens sempat bersaing dengan Arsenal. Hanya, The Gunner malah nglokro begitu dihajar Man City 4-1 di Etihad.

Kali ini, Arsenal membayangi Man City secara ketat. Namun klub London Utara ini lagi-lagi kehilangan momen.

Meski akhirnya bangkit, namun nasib Arsenal tak sepenuhnya berada di tangan mereka. Sebaliknya, Man City menjadi tim yang bisa menentukan nasib sendiri.

Meski demikian, Guardiola mengakui Arsenal setidaknya memberi perlawanan yang menjadikan Premier League tak membosankan.

"Mereka [Arsenal] sudah berada pada level sama dengan Liverpool selama beberapa tahun terakhir. Keduanya tim yang luar biasa," kata Guardiola.

Hanya saja, Man City masih yang terbaik. Mereka pun lebih berpeluang memenangi titel liga. Laga melawan Fulham menjadi momen paling tepat untuk merebut takhta klasemen yang dikuasai Arsenal.

"Jelas, saya fans Man City. Jadi, saya akan berusaha mengalahkan Fulham. Ini yang menjadi kepedulian saya," ucap Guardiola lagi

Guardiola bakal menurunkan skuat terbaik saat menghadapi Fulham. Kiper Ederson sudah pulih dari cedera dan bisa kembali bermain. Begitu pula Phil Foden bakal masuk starting XI.

Bersma Bernardo Silva dan Kevin De Bruyne, dirinya akan mendukung centre forward Erling Haaland yang menjadi pilihan pertama. Dengan demikian Julian Alvarez bakal duduk di bench.

Sementara manajer Marco Silva hanya kehilangan gelandang Sasa Lukic yang cedera di paha. Posisi dia digantikan Harrison Reed yang akan berduet dengan Joao Palhinha di lini tengah.

Sedangkan Alex Iwobi akan bahu-membahu dengan Andreas Pereira dan Willian untuk mendukung Rodrigo Muniz.

Hanya saja tampaknya tidak ada halangan berarti dari Fulham yang hanya menduduki papan tengah. Man City berpeluang memetik poin penuh meski bermain di kandang lawan.

Prakiraan Susunan Pemain

Fulham (4-2-3-1): Leno; Castagne, Diop, Ream, Robinson; Palhinha, Reed; Iwobi, Pereira, Willian; Muniz

Manchester City (4-2-3-1):

Ederson; Walker, Akanji, Ake, Gvardiol; Rodri, Kovacic; Bernardo, De Bruyne, Foden; Haaland


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)