シェア:

SOLO - Presiden Joko Widodo berharap Pekan Paralimpiade Nasional (PEPARNAS) XVII Solo 2024 menjadi panggung kesetaraan bagi para atlet penyandang disabilitas yang akan berburu prestasi pada 6 hingga 13 Oktober 2024. PEPARNAS itu sendiri dipindahkan ke Solo meski PON digelar di Sumatera Utara dan Aceh.

PEPARNAS menjadi pentas atlet difabel untuk menuai prestasi. Presiden Jokowi mengatakan PEPARNAS merupakan momen sangat spesial. Bahkan Presiden rela terbang dari Ibu Kota Nusantara (IKN) menuju Kota Solo demi menghadiri secara langsung upacara pembukaan dan berjumpa dengan para peserta.

"Buat saya, Pekan Paralimpiade Nasional ini spesial. Tadi siang, saya terbang dari IKN ke Solo, khusus untuk pembukaan PEPARNAS XVII, khusus untuk bertemu dengan para atlet, ofisial, dan peserta. Saya senang bertemu dengan bapak, ibu, dan saudara, malam ini,” kata Jokowi saat memberikan sambutan pada Upacara Pembukaan PEPARNAS XVII 2024 di Stadion Manahan, Solo, Minggu, 6 Oktober 2024 malam WIB.

Jokowi berkomitmen memberikan dukungan penuh terhadap atlet penyandang disabilitas di seluruh Tanah Air. Presiden menuturkan selain daya juangnya yang luar biasa, prestasi atlet penyandang disabilitas di Indonesia juga membanggakan.

Setidaknya, hal itu dibuktikan dengan keberhasilan kontingen Indonesia dalam mencatatkan tiga kali juara umum secara beruntun pada ajang ASEAN Para Games. Prestasi tersebut diukir pada edisi 2017, 2022, dan 2023.

Jokowi berharap, perhelatan PEPARNAS ini menjadi panggung kesetaraan bagi seluruh atlet penyandang disabilitas yang bakal berjuang untuk meraih prestasi terbaiknya di ajang ini.

"Mari kita sukseskan PEPARNAS ini yang tidak hanya sebagai ajang untuk melahirkan atlet-atlet potensial dan para pencetak rekor-rekor baru, tetapi juga panggung kesetaraan bagi seluruh atlet penyandang disabilitas untuk menampilkan kemampuan terbaiknya," ujarnya.

Selain itu, Jokowi menyerukan semangat persaudaraan dan sportivitas bagi seluruh atlet yang bertanding di PEPARNAS. Ia turut mengapresiasi berbagai pihak yang ikut menyukseskan ajang multievent olahraga disabilitas ini

"Mari bertanding dalam suasana persaudaraan dan semangat sportivitas. Saya juga ingin mengucapkan terima kasih, untuk Pemkot Solo, masyarakat Jawa Tengah atas dukungan penyelenggaraan PEPARNAS 2024 ini," kata Presiden.

PEPARNAS yang seharusnya digelar di Sumut dan Aceh yang menjadi tuan rumah PON 2024 ini menampilkan 20 cabang olahraga. Cabang olahraga tersebut antara lain para panahan, para atletik, para bulu tangkis, boccia, para catur, para balap sepeda, sepak bola CP (Cerebral Palsy), para tenis meja.

Selain itu ada judo tunanetra, para angkat berat, para menembak, para renang, para taekwondo, voli duduk, tenpin bowling, anggar kursi roda dan tenis kursi roda. Dua cabor lain, para E-Sport dan basket kursi roda berstatus ekshibisi.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)