シェア:

JAKARTA – Timnas Indonesia U-20 diunggulkan bisa kembali mendapat angka penuh ketika bersua dengan Timor Leste U-20 di laga kedua Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2025.

Pertandingan tersebut dijadwalkan berlangsung di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, pada Jumat, 27 September 2024, pukul 19.30 WIB.

Kedua tim memainkan pertandingan ini setelah mendapat hasil kontras melawan Yaman U-20 dan Maladewa U-20 di laga pertama yang berlangsung pada Kamis, 25 September 2024.

Timor Leste pulang tanpa angka usai ditekuk dengan skor 1-3 oleh Yaman. Hasil itu membuat mereka sekarang duduk di posisi ketiga klasemen sementara Grup F.

Tempat tersebut jelas masih jauh dari kata aman untuk mendapat tiket ke putaran final. Dari kualifikasi ini, hanya tim juara grup dan lima runner-up terbaik yang berhak mendapat tiket langsung.

Total ada akan ada 10 tim juara grup otomatis lolos. Tim-tim tersebut nanti akan ditemani oleh lima tim peringkat kedua terbaik yang akan tampil pada putaran final Piala Asia U-20 2025 di China.

Jika ingin menjaga harapan bisa lolos ke putaran final maka Timor Leste perlu mendapat angka melawan Indonesia U-20. Namun, peluang tersebut sangatlah kecil.

Indonesia U-20 di sisi lain, memainkan pertandingan ini setelah menggasak Maladewa dengan skor telak 4-0. Hasil tersebut membuat skuad Indra Sjafri duduk nyaman di puncak Grup F.

Meski demikian, Indonesia harus bisa bermain lebih klinis lagi di laga kedua ini. Pasalnya, saat melawan Maladewa, dominasi Indonesia U-20 di babak pertama tidak menghasilkan gol.

Semua dari total gol yang dicetak terjadi dalam 15 menit babak kedua. Padahal, jumlah gol bisa lebih seandainya semua peluang di babak pertama bisa diselesaikan dengan baik.

Masalah penyelesaian akhir ini harus diperbaiki ketika bersua Timor Lester nanti. Selain poin, jumlah gol yang dicetak juga sangat penting untuk menentukan posisi juara grup nanti.

Kalau hingga laga terakhir perolehan poin Indonesia U-20 sama dengan salah satu dari tiga tim lain, maka jumlah gol memainkan peran penting dalam penentuan status juara grup.

Di atas kertas, Indonesia U-20 jelas diunggulkan menang karena selalu dominan di berbagai kelompok usia. Namun, Garuda Muda harus tetap mewaspadai tekad lawan untuk bangkit.

Prakiraan Formasi

Timor Leste U-20 (5-3-2): Pablo Macario; Joaozinho Cristiano, Aureo Viera, Emidio Martins, Norbert Joneeson, Tiago William; Luiz Berdilla, Palomito Antonio, Ricardo Rorinho; Luiz Figo, Alexadro Bahkito Lemos

Pelatih: Gopal Krishnan Ramasamy

Indonesia U-20 (3-4-3): Ikram Al Giffari; Alfarezi Buffon, Iqbal Gwijangge, Kadek Arel; M. Mufli, Figo Dennis, Toni Firmansyah, Doni Tri Pamungkas; Muhammad Ragil, Jens Ravens, Riski Afrisal

Pelatih: Indra Sjafri


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)