シェア:

JAKARTA - Real Madrid kembali kedatangan pemain depan. Striker tim nasional Brasil Endrick resmi bergabung yang menjadikan lini depan Madrid bakal kian sesak.

Penantian Endrick selama 584 hari berakhir sudah. Madrid sesungguhnya merekrut Endrick dari Palmeiras pada 25 Desember 2022.

Demi mendapatkan pemain bernama lengkap Endrick Felipe Moreira de Sousa ini, Madrid harus merogoh kocek 62 juta poundsterling ditambah pajak sebesar 10 juta poundsterling.

Madrid pun mengalahkan pesaingnya, Barcelona, Paris Saint-Germain dan Chelsea untuk mendapatkan bintang bertalenta masa depan Brasil ini.

Hanya saja, Madrid membeli Endrick saat masih berusia 16. Aturan FIFA menyebutkan klub tidak diperbolehkan merekrut pemain berusia di bawah 18 tahun dari luar negaranya.

Situasi sama dialami Vinicius Junior, kompatriotnya yang sudah lebih dulu bergabung. Vinicius direkrut dari Flamengo saat masih berusia 16 pada 2017. Dia baru bisa bergabung dua tahun kemudian.

Jadilah Endrick bernasib sama dengan Vinicius dan tidak bisa langsung bergabung dengan Madrid. Dirinya tetap bermain di Palmeiras sambil menunggu usianya sudah memenuhi syarat pindah ke Spanyol. Selama dua tahun terakhir di Palmeiras, Endrick membawa tim memenangi Liga Brasil dua kali dan Piala Super Brasil.

Pemain timnas Brasil ini mencetak 21 gol dan empat assists selama 82 kali pertandingan di berbagai kompetisi. Endrick total sudah bermain 172 kali dan mencetak 170 gol dalam kariernya.

Pada 21 Juli 2024 lalu, Endrick genap berusia 18. Dirinya pun sudah resmi bergabung dengan Madrid. Endrick menyusul dan bersaing dengan kompatriot sendiri, Vinicius dan Rodrygo, lini depan Madrid. Keduanya juga merupakan pemain timnas Brasil

Ya, sektor depan Los Merengues sudah pasti kian sesak dengan kehadiran Endrick. Sebelumnya, Madrid juga sudah mendatangkan eks pemain depan Paris Saint-Germain Kylian Mbappe secara gratis.

Selain duo Brasil dan Mbappe, di bagian depan Madrid masih ada Brahim Diaz. Sedangkan Joselu sudah bergabung dengan klub Qatar Al-Gharafa hanya sehari setelah menandatangani kontrak dengan Madrid.

Sebelumnya, Joselu berstatus pemain pinjaman dari Espanyol. Dia kemudian dipermanenkan Madrid. Namun selang sehari kemudian, dirinya dibeli Al-Gharafa dan mendapat kontrak dua tahun.

Endrick sendiri tak menjadikan seniornya di timnas sebagai pesaing. Menurut Football Espana, dirinya bahkan sering melakukan kontak dengan mereka untuk mendapatkan informasi tentang klub maupn kehidupan di Kota Madrid.

"Saya merasa sangat bahagia bisa bergabung dengan Real Madrid. Kami bakal menciptakan sejarah besar," kata Endrick yang menyebut Madrid sebagai 'rumah' barunya. Dia juga ingin fokus demi meraih sukses di La Liga Spanyol maupun Liga Champions.

"Saya pernah datang ke Madrid bersama timnas. Sungguh menyenangkan bermain di Santiago Bernabeu [markas Madrid]," ujar Endrick. Saat itu, Endrick membela Brasil dalam uji coba melawan Spanyol pada Maret 2024.

Di laga yang berakhir imbang 3-3 itu, Endrick menyumbang satu gol. Di laga uji coba sebelumnya melawan Inggris di Wembley, London, Brasil menang 1-0 dan satu-satunya gol dihasilkan Endrick.

Di Madrid, Endrick mengenakan nomor 16 seperti yang digunakannya di Palmeiras. Namun tahun depan dia sudah memiliki nomor 9 yang saat ini dikenakan Mbappe.

Sedangkan Mbappe sendiri akan berganti nomor dan memiliki nomor 10 yang saat ini dipakai Luka Modric yang akan pensiun musim depan.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)