シェア:

JAKARTA - Timnas Indonesia U-16 berhasil mengemas kemenangan manis di laga perdana grup Piala AFF U-16 2024. Menghadapi Singapura U-16 di Stadion Manahan, Solo, pada Jumat, 21 Juni 2024, malam WIB, tuan rumah menang dengan skor 3-0.

Tiga gol yang membawa poin penuh itu dicetak Mierza (36’), Evandra (60’) lewat eksekusi penalti, dan Alberto (86’).

Tampil sebagai tuan rumah, Timnas Indonesia U-16 berusaha mendominasi jalannya pertandingan. Pada awal laga, upaya ini berhasil karena penguasaan bola lebih banyak berada di kaki anak asuh Nova Arianto.

Peluang emas beberapa kali tercipta bagi Indonesia U-16 di awal-awal laga, tapi masih gagal dikonversi menjadi gol.

Meski banyak peluang hingga peluang emas lewat kemelut di area kotak penalti lawan, Garuda Muda belum juga bisa memecah kebuntuan.

Memasuki menit ke-27, Timnas Indonesia U-16 yang unggul permainan masih belum bisa membobol gawang Singapura U-16. Semenit berselang, petaka justru terjadi bagi tuan rumah karena sang kapten melakukan handball di area kotak penalti.

Pemain Singapura U-16, Nathan, kemudian menjadi eksekutor penalti. Namun, M. Ichsan yang berjaga di bawah mistar bergerak dengan cekatan hingga mampu menggagalkan upaya lawan membuka angka.

Setelah ancaman serius itu, peluang emas tercipta pada menit ke-39. Timnas Indonesia U-16 akhirnya bisa memecah kebuntuan melalui gol Mierza.

Sundulannya gagal terbentun setelah memanfaatkan lemparan ke dalam. Skor 1-0 bertahan hingga turun minum.

Masuk babak kedua, peluang emas tercipta bagi Indonesia U-16 pada menit ke-46 melalui Gholy. Namun, tendangan kerasnya dari luar kotak penalti masih terlalu tinggi.

Pada menit ke-56, Daniel dijatuhkan di kotak penalti saat berusaha menerobos masuk pertahanan Singapura U-16. Momen ini kemudian jadi keuntungan memperbesar keunggulan.

Evandra kemudian jadi eksekutor penalti. Penggawa yang punya kaki kiri lebih dominan itu mengeksekusi dengan cantik. Dia melakukan tendangan panenka yang membuat Indonesia U-16 unggul 2-0.

Pada menit ke-68 peluang kembali tercipta lewat Alberto yang memberikan bola ke Fandi Ahmad. Tanpa membuang waktu, Fandi langsung melakukan tembakan keras dari luar kotak penalti dengan kaki kiri. Namun, bola masih membentur mistar.

Menjelang akhir laga, keputusasaan meliputi Singapura U-16 yang masih belum mampu membongkar kebuntuan. Alih-alih mencetak gol pembuka, mereka justru kembali kebobolan buat ketiga kalinya.

Pada menit ke-86, tim asuhan Nova Arianto mencetak gol ketiga melalui Alberto. Gol itu sekaligus menjadi brace buat sang penyerang di laga ini.

Setelah melewati 90 menit waktu normal, wasit memberikan delapan menit tambahan waktu. Momen ini dimanfaatkan dengan baik oleh Timnas Indonesia U-16 untuk terus menekan lawan.

Sayang, meski banyak peluang tercipta, tambahan gol tak terjadi hingga peluit panjang ditiup.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)