シェア:

JAKARTA - Laga penuh momen dan emosional saat Inggris bermain imbang 2-2 melawan Belgia dalam uji coba di Stadion Wembley, Rabu, 27 Maret 2024 dini hari WIB. Kiper Jordan Pickford melakukan blunder, tetapi pemain sayap Jude Bellingham akhirnya menyelamatkan Inggris dari kekalahan.

Inggris tak berbeda dengan klub-klub Premier League Inggris yang pantang menyerah sebelum peluit akhir dibunyikan. Alhasil, gol-gol di menit terakhir kerap tercipta di pertandingan liga.

Terakhir di ajang Piala FA saat Manchester United mengalahkan Liverpool 4-3. Gol kemenangan MU pun tercipta di menit terakhir saat pertandingan diperkirakan berakhir imbang.

Di ajang pertandingan internasional, Inggris nyaris tumbang untuk kali kedua secara berturut-turut d Wembley. Sebelumnya, Inggris dihajar Brasil 1-0 lewat gol pemain berusia 17 Endrick.

Kali ini, Inggris hampir saja kalah lagi bila tidak diselamatkan Bellingham. Bintang Real Madrid ini membobol gawang Belgia di menit 90+5 atau saat pertandingan sudah hampir berakhir.

Di pertandingan itu, manajer Inggris Gareth Southgate menurunkan tim berbeda. Apalagi, Southgate kehilangan kapten Harry Kane, duo bek Kyle Walker dan Harry Maguire.

Bek Ezri Konsa pun mendapat kesempatan menjadi starter menggantikan Walker. Begitu pula gelandang muda MU Kobbie Mainoo menjadi pilihan pertama di lini tengah. Dia pun bahu-membahu dengan kapten Declan Rice.

Sementara, Belgia turun full team kecuali kiper Madrid Thibaut Courtois yang tidak bisa tampil karena cedera. Posisinya digantikan Matz Sels.

Striker Romelu Lukaku mengambil peran sebagai centre forward. Dirinya mendapat dukungan dari Jeremy Doku dan pemain sayap Arsenal Leandro Trossard.

Hanya deretan pemain depan top itu gagal menunjukkan ketajamannya. Gol-gol Belgia malah diborong gelandang Youri Tielemans.

Dalam duel itu, kedua tim yang sama-sama menjadi unggulan di Euro 2024 saling serang. Pertandingan pun berjalan imbang dan gol-go tercipta di menit-menit awal.

Belgia unggul lebih dulu saat Tielemans berhasil membobol gawang Inggris di menit 11. Gelandang Aston Villa ini berhasil memanfaatkan blunder Pickford yang berniat memberikan bola kepada Jarrod Bowen.

Namun umpan yang lemah itu dengan gampang dipotong pemain Belgia. Tielemans yang mendapat bola kemudian melepaskan tendangan ke gawang yang kosong karena Pickford sudah salah melangkah.

Keunggulan Belgia tak bertahan lama. Striker Ivan Toney yang menggantikan Kane berhasil mencetak gol dari titik penalti di menit 17.

Penalti diberikan setelah bek Belgia Jan Vertonghen menjatuhkan Toney di kotak terlarang.

Wasit sempat meninjau insiden itu lewat VAR sebelum menunjuk titik putih. Toney sendiri yang menuntaskan eksekusi tersebut dan skor berubah menjadi 1-1.

Inggris sempat berbalik unggul saat Bowen mencetak gol di menit 27. Hanya saja, gol itu dianulir karena dia dalam posisi offside.

Belgia yang kemudian kembali unggul setelah Tielemans mencetak brace setelah memanfaatkan kesalahan bek Lewis Dunk.

Gol kedua eks pemain Leicester City ini tercipta setelah sundulannya yang menyambut umpan silang Lukaku berhasil membobol gawang Pickford di menit 36. Skor berubah menjdi 2-1 dan bertahan sampai turun minum.

Di babak kedua, Inggris tampil menekan demi menyamakan kedudukan. Hanya usaha mereka tak pernah membuahkan hasil.

Tercatat ada beberapa peluang melalui Toney dan Phil Foden yang gagal dikonversi menjadi gol. Bahkan Mainoo pun nyaris mencetak gol.

Meski demikian, usaha tersebut tidak sia-sia. Bellingham akhirnya membobol gawang Belgia lewat tendangan dari jarak dekat di injury time. Skor berubah 2-2 dan Inggris lolos dari kekalahan.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)