Siap Lanjutkan Program, Ganjar Nilai Jokowi Sosok Mentor
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo (Sumber: Antara)

シェア:

JAKARTA - Bakal calon presiden (Bacapres) dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), Ganjar Pranowo, mengungkapkan bahwa dirinya sering bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan menganggapnya sebagai seorang mentor yang siap membimbingnya dalam melihat pembangunan Indonesia ke depan.

Pernyataan ini disampaikan oleh Ganjar kepada awak media dalam perjalanan menuju tokoh agama Banten, Abuya Ahmad Muhtadi bin Dimyati al Bantani, di Pandeglang, Banten.

Ganjar mengungkapkan bahwa Jokowi sering membahas grand design pembangunan di Indonesia dalam pertemuan mereka. Namun, ia juga menyadari bahwa beberapa program tidak selalu berhasil mencapai target yang diinginkan.

"Dan kita sadari ada beberapa (program) yang tidak akan tercapai. Pasti itu. Jadi tidak akan ada yang sempurna. Oleh karena itu, tugas saya adalah membereskan amanat yang diberikan,” ujar Ganjar, dikutip Kamis, 1 Juni.

Bacapres PDI-P tersebut juga mengatakan bahwa ia selalu berkonsultasi dengan Jokowi dalam berbagai hal. Selain secara langsung, Ganjar juga berkomunikasi dengan Jokowi melalui anaknya, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming.

"Kami bertanya, kadang-kadang lewat Mas Gibran, sering kali kami juga mohon waktu atau barangkali saya dipanggil. Dan intensitas itu berlangsung terus sampai dengan hari ini," ungkap Ganjar.

Ganjar juga mengungkapkan bahwa ia sering diberi informasi terkait pertemuan bilateral antara negara yang baru-baru ini sering dilaksanakan melalui konferensi tingkat tinggi, seperti pertemuan G20 di Indonesia, KTT ASEAN ke-42 di Indonesia, dan KTT G7 di Jepang.

Kedekatan ini membuat Ganjar merasa Jokowi sebagai seorang mentor yang memberikan pengajaran kepemimpinan. "Saya beruntung saja, karena beliau membuka akses yang luar biasa, dan so far beliau selalu jadi mentor saya, jadi dalam konteks pembangunan itu," ujar Ganjar.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)