シェア:

JAKARTA - Tidak hanya musik, Korea Selatan juga semakin maju dengan dunia perfilman. Variasi genre dengan cerita membuat sejumlah film sukses mencapai box office.

KOFIC atau Korean Film Biz Zone merilis daftar film Korea Selatan yang memperoleh box office. Mulai dari genre sejarah hingga thriller, film Korea Selatan mendapat angka penonton yang fantastis.

Berikut adalah 10 film Korea terlaris sepanjang tahun 2023:

12.12: The Day

Per 27 Desember, film 12.12: The Day sudah ditonton hingga 11.003.168 penonton. Film ini secara pesat langsung menjadi film Korea Selatan tersukses di tahun 2023 dan mengalahkan The Roundup: No Way Out.

12.12: The Day menceritakan Korea Selatan di bulan Desember 1979 di mana Presiden Park yang mengalami pembunuhan menyebabkan darurat militer diberlakukan. Kudeta dilakukan dan dipimpin oleh Chun Doo Kwang (Hwang Jung Min) selaku Komandan Keamanan Pertahanan.

The Roundup: No Way Out

Sempat menempati posisi pertama, The Roundup: No Way Out menempati posisi kedua seagai film terlaris tahun ini. Film ketiga dari franchise The Outlaws ini mendapat 10.682.813 juta penonton sejak dirilis pada akhir Mei.

Sekuel ini mengisahkan Ma Seok Do (Ma Dong Seok) bersama geng di Geumcheon yang mencoba memberantas sindikat narkoba di Incheon.

Smugglers

Film Smugglers menempati posisi ketiga dengan 5.143.219 penonton yan dirilis pada Juli lalu. Film ini disutradarai Ryoo Seung Wan dan menghadirkan sederet aktor kenamaan Korea Selatan.

Smugglers berlatar tahun 1970-an menceritakan para haenyeo atau penyelam wanita yang bekerja mencari ikan untuk dijual di pasar. Jo Chun Ja (Kim Hye Soo) dan Eom Jin Suk (Yeom Jung Ah) menyadari banyak ikan yang busuk karena adanya pabrik yang dibangun di dekat pantai. Dua sahabat ini dibantu ayah Jin Suk mendapat tawaran dari seorang broker (Kim Won Hae) untuk bekerja menyelundupkan barang ilegal.

Concrete Utopia

Film Concrete Utopia yang menjadi wakil Korea Selatan di ajang Oscar 2024 menjadi box office di negara asalnya. Film ini sukses mencapai 3.849.242 penonton selama masa penayangan.

Concrete Utopia mengisahkan kota Seoul yang mengalami gempa. Di antara bencana itu, apartemen Hwang Goong menjadi satu-satunya bangunan yang bertahan. Para penghuni Hwanggong berusaha bertahan di tengah bencana tersebut. Young Tak (Lee Byung Hun) memimpin apartemen residen Hwang Goong. 

Noryang: Deadly Sea

Satu lagi film yang baru dirilis dan mencapai box office. Noryang: Deadly Sea yang baru dirilis pada 20 Desember lalu mendapat 2.819.000 penonton selama 10 hari penayangan. Angka ini akan terus bertambah mengingat film ini masih tayang di bioskop.

Noryang: Deadly Sea menceritakan latar tahun 1598 ketika perang Imran yang segera berakhir seiring dengan Wae yang mempersiapkan mundur dari Joseon. Film ini dibintangi Kim Yoon Seok, Baek Yoon Shik, Jung Jae Young, Heo Joon Ho, Kim Sun Gyu, dan Lee Kyu Hyung.

Love Reset

Film Love Reset menjadi film komedi romansa pertama yang sukses menempati box office di tahun ini. Sepanjang perilisannya film ini ditonton 2.165.358 penonton.

Love Reset mengisahkan Jung Yeol (Kang Ha Neul) dan Na Ra (Jung So Min) yang jatuh cinta dan menikah. Namun, seiring waktu, mereka mulai membenci satu sama lain dan memilih bercerai. Sebulan sebelum sidang cerai terakhir, mereka mengalami kecelakaan dan membuat keduanya amnesia. Mereka berjuang untuk mengingat satu sama lain.

Dr. Cheon and Lost Talisman

Film terbaru Kang Dong Won ini mendapat 1.916.431 penonton kala dirilis pada September lalu. Film komedi fantasi ini diadaptasi dari webtoon berjudul sama.

Dr. Cheon and Lost Talisman menceritakan Dr. Cheon (Kang Dong Won), seorang pengusir setan palsu yang tidak percaya dengan hantu tapi memiliki wawasan seperti hantu. Dr. Cheon kemudian ditugaskan sebuah kasus yang belum pernah ia alami.

The Point Men

Film The Point Men mendapat 1.721.000 penonton yang menunjukkan duo Hwang Jung Min dan Hyun Bin menarik penonton ke bioskop.

The Point Men menceritakan diplomat bernama Jung Jae Ho (Hwang Jung Min) yang ditugaskan untuk menyelamatkan 23 orang tawanan Taliban di Afganistan. Di sisi lain, seorang agen intel Korea NIS (National Intelligence Service), Park Dae Sik (Hyun Bin) dilepaskan dari penjara dan diminta untuk menyelamatkan para sandera karena pengalamannya.

Sleep

Film Sleep yang dibintangi Lee Sun Kyun dan Jung Yu Mi ini berhasil memperoleh 1.470.359 penonton. Film ini tayang perdana di Festival Film Cannes sebelum rilis secara teatrikal pada September lalu. Film debutan Jason Yu ini juga menjadi film terakhir Lee Sun Kyun sebelum meninggal dunia.

Sleep menceritakan Soo Jin (Jung Yu Mi) dan Hyun Soo (Lee Sun Kyun) yang merupakan pasangan suami istri. Kehidupan mereka berubah setelah Hyun Soo memiliki kebiasaan aneh ketika tidur dimulai dari bicara hingga melakukan hal tidak biasa.

Honey Sweet

Film Honey Sweet menempati posisi terakhir dengan 1.388.309 penonton. Film ini mempertemukan Yoo Hae Jin dan Kim Hee Sun.

Film komedi romansa ini mengisahkan Chi Ho (Yoo Hae Jin), peneliti dengan perasaan realita 0 persen. Il Yong (Kim Hee Sun), hadir di hidup Chi Ho yang hanya tahu tentang manis. Chi Ho kemudian mulai mempelajari sisi lain hidup dengan Il Yong.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)