シェア:

JAKARTA - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BTN melakukan rebranding dengan memperkenalkan logo baru yang bertepatan dengan mementun HUT ke-74 tahun.

Langkah ini sejalan dengan transformasi perusahaan untuk menjadi The Best Mortgage Bank in South East Asia pada 2025.

Adapun perubahan logo PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BTN ini efektif dilakukan pada 3 Maret 2024.

Direktur Utama BTN Nixon L.P. Napitupulu mengatakan perubahan logo ini merupakan refleksi dari transformasi yang telah dilakukan Bank BTN, di antaranya di ranah digital untuk mendukung proses bisnis dan layanannya, serta operasional kantor-kantor cabang yang lebih modern.

Dengan brand image yang lebih modern dan kekinian, sambung Nixon, BTN siap untuk bersaing di level yang lebih tinggi dan menjadi bank pilihan utama bagi nasabah.

“BTN memperkenalkan logo terbaru yang lebih fresh, kekinian, dan mengikuti perkembangan zaman. Wajah baru ini diperlukan untuk mendukung pertumbuhan core business Bank BTN sebagai bank terkemuka dalam pembiayaan perumahan secara berkelanjutan,” katanya dalam acara ke-74 BTN, di Gelora Bung Karno (BGK), Jakarta, Minggu, 3 Maret.

Dengan logo baru di usianya yang ke-74, sambung Nixon, BTN unjuk gigi sebagai one stop financial solution bagi masyarakat untuk bertransaksi tidak hanya dalam hal pembiayaan perumahan.

Nixon bilang logo baru BTN memiliki font atau bentuk tulisan yang menyimbolkan optimisme, dengan rancangan konstruksi yang berani dan dinamis untuk menggambarkan Bank BTN yang modern dan relevan dengan perkembangan zaman.

Lebih lanjut, Nixon menjelaskan, perseroan menggunakan huruf kecil pada logo Bank BTN melambangkan bank yang mudah didekati dan memahami kebutuhan nasabah, berpartisipasi aktif dalam perjalanan nasabah, dan membantu mencapai tujuan hidup.

“Perseroan berharap dapat menjadi rumah, tempat dimulainya perjalanan hidup,” ucapnya.

Kemudian, Nixon menjelaskan garis merah di atas tulisan “btn” menyimbolkan visi Bank yang progresif dan terus melangkah maju.

Bank BTN ingin memantapkan posisinya sebagai lembaga keuangan visioner yang konsisten berkembang secara progresif.

“Dengan terus menciptakan inovasi dan solusi melalui ekosistem perumahan, BTN memposisikan dirinya sebagai bank beyond mortgage atau bank yang melayani lebih dari KPR,” kata Nixon.

Sedangkan warna logo, kata Nixon, Dynamic Blue dan Stablitas Merah mewakili bank yang inovatif dan dinamis dalam upayanya mengembangkan dan menciptakan produk keuangan, yang bertujuan untuk membangun ekosistem keuangan yang inovatif, modern, dan andal.

Secara filosofis, sambung Nixon, warna Dynamic Blue merupakan warna yang lebih hidup dan segar dibandingkan warna biru lainnya. Warna ini menggambarkan sifat percaya diri dalam menarik masyarakat yang lebih luas di luar batas negara.

Sedangkan warna Stabilitas Merah melambangkan stabilitas, mencerminkan kekuatan dan ketahanan institusi yang dibangun melalui pengalam berharga selama bertahun-tahun.

Lebih lanjut, Nixon menekankan tidak ada perubahan pada nama perseroan (PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk). Dia bilang, perubahan hanya terjadi pada bentuk logo.

“Perubahan merek dan logo tidak memengaruhi kerja sama yang sedang berlangsung dan perjanjian yang telah disepakati, baik antara perseroan dengan nasabah maupun antara perseroan dengan pihak ketiga lainnya,” jelasnya.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)