Drama Dua Gol di Menit Terakhir, Paraguay Hancurkan Israel

JAKARTA - Paraguay menghancurkan Israel 4-2 dalam laga penyisihan Grup D cabang sepak bola Olimpiade 2024 di Stadion Parc des Princes, Paris, Minggu, 28 Juli 2024 dini hari WIB. Laga diwarnai drama dua gol Paraguay yang tercipta di menit terakhir.

Pertandingan itu nyaris berakhir imbang 2-2 dalam waktu normal atau 90 menit. Namun saat memasuki injury time, Paraguay mampu memaksimalkan setiap peluang.

Alhasil, Fabian Balbuena dan Marcelo Fernandez sukses membobol gawang Israel. Gol mereka membawa Paraguay meraih tiga poin karena berhasil menaklukkan Israel.

Kemenangan pertama di penyisihan grup tersebut sangat berarti bagi Paraguay. Pasalnya, mereka membuka peluang lolos ke perempat final setelah mengantungi tiga poin.

Sebelumnya, Paraguay harus mengakui keunggulan Jepang. Pada laga pertama itu, Paraguay secara mengejutkan dibantai Samurai Blue lima gol tanpa balas.

Namun Paraguay berhasil bangkit dan di laga kedua meraih kemenangan atas Israel. Hasil itu menjadikan Paraguay menempati peringkat dua.

Sementara, Israel yang baru mengumpulkan satu poin menempati dasar klasemen. Perolehan poin Israel sama dengan Mali yang kalah 1-0 lawan Jepang. Namun Israel kalah selisih gol,

Meski demikian, Mali dan Israel masih berpeluang lolos ke perempat final. Nasib mereka serta Paraguay ditentukan di laga terakhir.

Paraguay tetap harus memenangkan pertandingan terakhir melawan Mali. Begitu pula sebaliknya, Mali butuh tambahan tiga poin untuk menyingkirkan Paraguay.

Namun nasib Mali pun ditentukan oleh hasil pertandingan Israel melawan Jepang yang sudah pasti lolos. Bila Israel menggulingkan Jepang, maka mereka bersaing dengan Mali memperebutkan tiket terakhir ke babak knockout.

Di pertandingan melawan Israel, Paraguay tampil beda. Mereka tak lain bermain di bawah tekanan seperti saat menghadapi Jepang.

Paraguay melakukan start gemilang dan berhasil unggul melalui Marcelo Fernandez di menit 25. Fernandez menuntaskan assist Ronaldo de Jesus.

Hanya setelah unggul 1-0, Paraguay kesulitan memperbesar keunggulan. Sampai akhir babak pertama, skor satu gol untuk Paraguay tak berubah.

Memasuki babak kedua, Israel justru berhasil bangkit. Serangan mereka mulai merepotkan pertahanan Paraguay. Hasilnya, Israel mampu menyamakan skor setelah Omri Gandelman mencetak gol di menit 53. Dirinya menuntaskan assist dari Stav Lemkin.

Paraguay memberi respons cepat dengan gol yang diciptakan gelandang serang Julio Enciso. Dia menyambut umpan apik dari Diego Gomez dan menaklukkan kiper Omer Niron di menit 69. Gol itu mengubah skor menjadi 2-1.

Namun, lagi-lagi, Israel berhasil bangkit untuk mengejar ketinggalan. Di menit 80, Israel mendapat hadiah penalti.

Hanya saja, Oscar Gloukh gagal menuntaskan eksekusi tersebut setelah diblok kiper Roberto Fernandez. Namun bola rebound langsung disambar Gloukh dan tak bisa diselamatkan Fernandez. Skor berubah menjadi 2-2.

Saat laga memasuki injury time, Paraguay berhasil menyelesaikan dua peluang bagus. Sundulan Balbuena sukses menjadikan Paraguay unggul 3-2 di menit 90+3.

Selanjutnya, Marcelo Fernandez memantapkan keunggulan Paraguay di menit 90+6. Gol yang menjadikan Paraguay unggul 4-2 dan tak lama kemudian pertandingan berakhir.