Euro 2024: Hungaria Buka Peluang ke Fase Gugur usai Menang 1-0 vs Skotlandia

JAKARTA - Skotlandia vs Hungaria pada laga ketiga Grup A di MHPArena, Senin, 24 Juni 2024, dini hari WIB, menjadi duel panas dalam perebutan tiket ke fase gugur Euro 2024.

Keduanya mencari tiket terakhir melalui jalur peringkat ketiga terbaik karena sudah tidak mungkin menyalip Jerman dan Swiss di dua teratas klasemen.

Pertarungan terbilang seimbang. Namun, Hungaria bermain sangat efektif dalam 42 persen penguasaan bola.

Mereka sanggup mengemas lima tembakan tepat sasaran dari 14 kali percobaan. Statistik itu jauh dari milik Skotlandia yang tak bisa melepas tembakan ke gawang dari hanya empat percobaan.

Hungaria sudah mengancam pada menit kedelapan melalui Roland Sallai, tapi tembakannya masih bisa diamankan kiper Angus Gunn.

Dominik Szoboszlai dan Sallai kemudian melakukan tembakan dari luar kotak setelah setengah jam laga berlalu. Namun, upaya mereka belum tepat sasaran.

Gempuran Hungaria tak berhenti. Pada menit ke-41, Willi Orban hampir membuka keunggulan, tapi sundulannya usai menerima umpan silang Szoboszlai melambung tipis.

Pada pengujung babak pertama, Scott McTominay hampir membuat Hungaria tercengang. Satu-satunya peluang emas Skotlandia di paruh pertama itu membentur mistar gawang.

Berlanjut ke babak kedua masih dalam kondisi tanpa gol, Hungaria masih meneruskan dominasinya.

Sallai menebar ancaman lagi pada menit ke-56, tapi sepakannya masih bisa diblok bek Skotlandia. Sloboszlai gantian membuka peluang 10 menit kemudian, tapi digagalkan Gunn.

Saat laga di ambang hasil imbang, Andras Schafer mendapat peluang emas, tapi Gunn lagi-lagi masih bisa menyelamatkan gawangnya.

Gunn memang menjadi aktor penting yang membuat gawang Skotlandia tak kebobolan hingga waktu normal. Dia kembali menggagalkan kans apik Sloboszlai dan Zsolt Nagy dalam dua menit pada injury time.

Hanya saja, penampilan apik Gunn akhirnya dirusak gol Kevin Csoboth pada menit ke-90+10. Pemain yang baru masuk pada menit ke-86 itu membuat serangan demi serangan Hungaria tak sia-sia.

Gol semata wayang Csoboth membawa Hungaria meraih tiga poin dan memulangkan Skotlandia yang mengakiri Grup A sebagai juru kunci.

Hungaria kini berharap lolos ke fase gugur melalui jalur peringkat ketiga terbaik. Mereka ada di peringkat ketiga klasemen jalur tersebut dengan total mengemas tiga poin.