Kalahkan Forest, Manchester United Lawan Liverpool di Perempat Final Piala FA

JAKARTA - Manchester United sudah harus berhadapan dengan tim favorit Liverpool setelah mengalahkan Nottingham Forest 1-0 di babak kelima Piala FA di Stadion City Ground, Nottingham, Kamis, 29 Februari 2024 dini hari WIB. MU lolos ke perempat final untuk menghadapi Liverpool.

Dari hasil undian, MU bertemu Liverpool yang menyingkirkan Southampton 2-0 dalam duel di Stadion Anfield. Duel The North West Derby bakal menjadi laga paling panas di Piala FA.

Hanya saja, kekuatan MU tidak lagi sehebat seperti saat ditangani manajer legendaris Sir Alex Ferguson.

Meski tampil di kandang sendiri di Stadion Old Trafford, namun The Red Devils tak diunggulkan. Sebaliknya, Liverpool yang tengah on fire lebih berpeluang lolos ke semifinal.

MU sendiri mengalami kesulitan saat menghadapi Forest. Manajer MU Erik ten Hag tak melakukan perubahan skuat seperti saat dikalahkan Fulham 2-1. Striker Rasmus Hojlund masih absen karena cedera.

Posisinya digantikan Marcus Rashford yang ditopang Antony dan Alejandro Garnacho. Seperti diduga, formasi di lini depan itu tak bisa menunjukkan performa maksimal. Mereka kesulitan menghadapi pertahanan kokoh Forest.

Sebaliknya sektor tengah dan pertahanan tim masih cukup solid. Ten Hag pun tak melakukan pergantian di posisi kiper dan tetap mengandalkan Andre Onana.

Beruntung kali ini Onana bermain cukup baik dan mengamankan gawang The Red Devils tetap clean sheet. Serangan tim tamu masih bisa digagalkan oleh kiper timnas Kamerun ini.

Hanya saja, MU tetap kesulitan mencetak gol. Sampai akhir babak pertama, kedudukan masih 0-0.

Di babak kedua, MU sesungguhnya tak menurunkan tempo permainan. Namun usaha mereka masih saja gagal sampai akhirnya gelandang Casemiro memecah kebuntuan di menit 89.

Go berawal dari tendangan bebas kapten Bruno Fernandes yang disambut sundulan Casemiro dan menembus gawang Forest.

Hanya saja wasit sempat meninjau gol itu lewat VAR mengenai kemungkinan Casemiro dalam posisi offside.

Setelah meninjaunya, wasit Christopher Kavanagh menyatakan tidak ada kesalahan dan gol gelandang timnas Brasil itu tetap sah. Skor berubah menjadi 1-0 dan bertahan sampai akhir.

MU yang musim ini mengalami kesulitan berharap meraih gelar juara Piala FA ke-12 kali. Mereka juga mencatat rekor mencapai babak perempat final untuk ke-48 kali.